3 Kutipan Psikologi Terbaik

kutipan psikologi terbaik

Kutipan yang menginspirasi dapat memberikan wawasan dan perspektif baru tentang masalah yang dihadapi setiap orang pada satu waktu atau yang lain. Jika Anda mencari beberapa kutipan yang mungkin dapat membantu agar Anda lebih termotivasi atau bersemangat, Anda mungkin ingin memulainya dengan melihat lebih dekat permasalahan ini dari beberapa sudut pandang pada pemikir psikologi yang terkenal. Pelajarilah apa yang membuat mereka dapat menginspirasi banyak orang:

Maslow: Temukan Cara Baru untuk Mengatasi Permasalahan Hidup

Abraham Maslow

“Jika palu merupakan satu-satunya alat yang Anda miliki, Anda cenderung melihat setiap masalah seperti paku.”

Apa artinya?

Abraham Maslow membuat kutipan terkenal ini merujuk pada sebuah konsep yang sering dikenal sebagai law of instrument atau palu Maslow. Pada dasarnya, hal ini menunjukkan bahwa terdapat ketergantungan yang berlebihan pada suatu cara yang sudah tidak asing atau yang menjadi cara favorit. Meskipun cara-cara tersebut terkadang bisa membantu, namun mereka juga bisa mengarahkan kita pada pendekatan masalah dengan cara yang tidak membantu atau bahkan merusak.

Dalam istilah psikologis, ketika berhadapan dengan sebuah masalah, maka dalam penyelesaiannya cenderung selalu mengandalkan mekanisme atau cara yang sama daripada mencari solusi yang baru. Daripada selalu melakukan hal ini, kutipan Maslow mengajarkan agar Anda mungkin harus mencoba sedikit memperluas wawasan Anda, pelajari cara baru dalam berpikir, dan mencari cara lain untuk berkomunikasi dengan orang lain. Maslow juga dikenal dengan heirarki kebutuhan yang pernah dicetuskannya.

James: Melakukan Hal-Hal yang Sulit Dapat Membangun Karakter

William James

“Setiap orang harus melakukan setidaknya dua hal yang dia benci setiap hari, ini hanya untuk latihan.”

Apa artinya?

William James mengatakan bahwa hidup tidak harus selalu mengambil jalan yang mudah. Terkadang, pengalaman belajar terbaik itu datang dari kesulitan dan tantangan. Pada saat-saat itulah Anda akan belajar banyak tentang diri Anda, kekuatan Anda dan kelemahan Anda.

Seperti kutipan dari James yang menyarankan, terkadang penting untuk melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai atau Anda tidak ingin terlibat dalam kegiatan tersebut. Untuk seorang introvert, memulai percakapan dengan orang asing akan menjadi contoh yang bagus dari hal yang tidak ingin Anda lakukan yang mungkin akan mengarah pada hadiah yang tidak terduga.

Jika Anda menemukan diri Anda sering melakukan hal-hal yang monoton, cobalah menerima nasihat dari psikolog dan ahli filsafat William James. Tantang diri Anda untuk melakukan sesuatu yang baru atau melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai dan lihatlah keterampilan dan pengetahuan apa saja yang mungkin Anda peroleh dari pengalaman tersebut. Berikut adalah beberapa contoh hal yang dapat Anda lakukan yaitu mendaftar di kelas baru, mencoba latihan yang berbeda, atau berkomitmen untuk maraton.

Rogers: Hidup Adalah Arah, Bukan Tujuan

Carl Rogers

“Kehidupan yang baik adalah sebuah proses, bukan keadaan. Yang mana kehidupan merupakan arah, bukan tujuan.”

Apa artinya?

Pernahkah Anda begitu fokus untuk mencapai suatu tujuan sehingga Anda benar-benar lupa menikmati proses untuk mencapai tujuan tersebut? Kutipan Carl Rogers menunjukkan bahwa dalam menjalani hidup, yang terpenting yaitu melihat proses nya.

Jangan Anda berfokus pada hal-hal yang Anda pikir, pada akhirnya akan mengarah pada apa yang Anda inginkan yaitu “menjalani kehidupan yang lebih baik” seperti memiliki rumah besar, mengendarai mobil yang bagus, dan pergi berlibur, fokuskan perhatian Anda pada setiap hal baik yang terjadi pada hidup Anda setiap hari. Hal-hal yang sudah Anda pelajari, keluarga Anda dan teman-teman tempat Anda berbagi tentang kehidupan Anda, dan hal-hal yang membuat Anda bahagia merupakan indikator penting dari kebahagian dan hidup yang penuh berkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
membuat daftar keinginan
Read More

Manfaat Dari Daftar Keinginan

Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk hal yang Anda nikmati dalam hidup – melakukan hal yang Anda sukai…