5 Cara Menenangkan Diri dengan Cepat Saat Anda Merasa Kewalahan

cara menenangkan diri dengan cepat saat merasa kewalahan

Stres muncul dalam banyak bentuk. Stres akut adalah tipe stres yang terjadi kemudian hilang dengan cepat, meninggalkan kerusakan yang relatif sedikit di belakangnya. Sebaliknya, stres kronis adalah tipe stres yang terjadi lebih sering dan menciptakan dampak kerusakan yang lebih parah pada tubuh, termasuk lebih rentan terkena demam dan flu hingga risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Di sisi lain, ada juga tipe stres yang bermanfaat bagi tubuh yang disebut eustres, yang merupakan bentuk positif dari stres bagi kebanyakan orang kecuali jika ia terjadi lebih sering atau berubah menjadi kronis – eustres merupakan tipe stres yang muncul pada saat Anda sedang mengalami liburan yang menyenangkan atau melakukan hal-hal yang menantang.

Bagaimanapun juga, terlalu banyak mengalami stres dari jenis apapun, bisa membuat Anda kewalahan dan sering diam-diam mengintai kita. Banyak orang tidak menyadari seberapa besar stres yang sedang dialami sampai tiba-tiba mereka merasa kewalahan sendiri. Di lain kesempatan, kejadian-kejadian yang menyebabkan stres atau menuntut banyak perhatian kita datang berturut-turut, dan Anda bisa seketika berubah dari yang tadinya tenang menjadi sangat kewalahan dalam kecepatan yang mengejutkan.

Strategi Untuk Mengatasi Saat Anda Merasa Kewalahan

Penting untuk menyiapkan strategi khusus untuk mengatasi saat Anda merasa kewalahan akibat stres dan butuh untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda secepatnya. Berikut ini adalah lima cara cepat dan mudah untuk kembali merasa tenang sehingga Anda dapat mengatasi situasi apapun yang ada.

1. Berjalan Kaki

Berolahraga dapat menjadi obat stres yang mujarab karena olahraga membantu berkeringat dan melepaskan hormon endorfin. Berjalan-jalan saat merasa stres akan membuat Anda mendapat manfaat berolahraga -baik jangka pendek maupun jangka panjang, dan bonusnya adalah Anda bisa keluar dari situasi stres yang sedang terjadi.

2. Bernapas Dalam-dalam

Jika Anda tidak bisa pergi dari situasi yang menekan, Anda bisa menerapkan latihan pernapasan untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Menghirup oksigen lebih banyak dan melepaskan ketegangan fisik adalah dua cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari latihan pernapasan, dan Anda bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun, bahkan jika situasi yang sedang menekan Anda terasa makin mencekik.

3. Mengistirahatkan Mental Anda

Jika Anda bisa mencuri-curi waktu tenang beberapa menit, teknik visualisasi dan guided imagery adalah cara luar biasa yang bisa dilakukan untuk memulihkan ketenangan pikiran. Sangat mudah dilakukan dan membuat mental dan fisik Anda rileks. Sembari berlatih teknik tersebut, Anda bisa dengan mudah mengakses “tempat yang membahagiakan” bagi Anda dan degan cepat merasa lebih tenang.

4. Mengubah Cara Pandang dalam Melihat Situasi

Terkadang kita mengintensifkan pengalaman kita tentang situasi yang penuh tekanan saat kita dengan cara kita melihatnya. Jika Anda bisa memandang situasi tersebut secara berbeda, Anda mungkin bisa melihatnya dari perspektif yang lain – satu hal yang membuat Anda tidak merasa terlalu stres!

5. Mencoba Progressive Muscle Relaxation

Progressive muscle relaxation (PMR) adalah teknik menegangkan kemudian melepaskan semua otot-otot Anda, membuat tubuh merasa lebih rileks setelahnya,

PMR adalah salah satu teknik favoritt saya karena bisa dilakukan oleh siapa saja dan dengan berlatih PMR Anda bisa sepenuhnya melepaskan hampir semua ketegangan yang Anda rasakan dalam hitungan detik! Teknik ini membantu Anda merasa lebih tenang dan lebih baik dalam menangani situasi apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like