6 Cara Sehat Menghadapi Kegagalan

menghadapi kegagalan

Entah ketika Anda gagal dipromosikan untuk naik jabatan atau urung memenuhi syarat untuk mengikuti perlombaan maraton, kegagalan selalu terasa pahit. Banyak orang akan berusaha keras untuk menghindari kegagalan sehingga mereka tidak harus berurusan dengan emosi yang menyakiti hati.

Mengetahui cara menghadapi kegagalan dengan cara-cara yang sehat akan menghilangkan rasa takut Anda akan kegagalan – dan itu bisa mengurangi rasa sakit yang Anda derita sehingga Anda dapat bangkit kembali dengan kondisi yang lebih baik dari sebelumnya. Berikut adalah enam cara sehat untuk mengatasi kegagalan.

Rangkul tiap emosi yang Anda rasakan

Umumnya, kegagalan diikuti dengan kemunculan berbagai emosi: perasaan hina, kecemasan, kemarahan, kesedihan, dan rendah diri adalah beberapa emosi yang sesekali datang melanda. Perasaan-perasaan ini tentunya membuat kita merasa risi, dan tidak sedikit orang yang bertekad untuk melakukan apa saja demi menghindari ketidaknyamanan secara emosional yang harus mereka hadapi.

Memberikan diri Anda kelonggaran untuk merasa tidak enak terhadap kegagalan itu sendiri merupakan satu bentuk motivasi yang Anda perlukan. Bentuk dorongan yang satu ini dapat membantu Anda bekerja lebih keras untuk menemukan solusi yang lebih baik, sehingga di lain kesempatan Anda dapat memperbaiki kesalahan yang Anda perbuat kalau-kalau Anda mengalaminya.

Jadi, terus rangkul tiap emosi yang Anda rasakan. Akui perasaan-perasaan tersebut dan biarkan diri Anda merasa sedikit tidak enak. Beri label untuk masing-masing perasaan tersebut dan perbolehkan diri Anda merasakan tiap emosi yang membuncah.

Praktikkan keterampilan menghadapi kegagalan yang sehat

Menelepon teman, berlatih teknik pernapasan dalam, mandi busa, jalan-jalan santai, atau bermain dengan hewan peliharaan Anda hanyalah beberapa contoh keterampilan menghadapi kegagalan yang sehat yang bisa Anda terapkan. Namun, tidak kesemuanya bekerja efektif untuk semua orang, jadi penting untuk menemukan kegiatan yang cocok buat Anda.

Apabila Anda terus-menerus bergumul dengan kebiasaan buruk tiap kali Anda stres – misal: merokok atau makan junk food – buat daftar kegiatan yang dapat membantu Anda mengatasi kegagalan tersebut dengan metode yang lebih sehat dan gantungkan daftar tersebut di tempat yang menonjol. Lalu, gunakan daftar itu untuk mengingatkan Anda tentang strategi yang lebih positif yang bisa Anda lihat saat suasana hati Anda memburuk.

Perkenankan diri Anda untuk meyakini dogma yang tidak masuk akal tentang kegagalan

Anda mungkin telah membangun sejumlah dogma irasional tentang kegagalan pada titik tertentu dalam hidup Anda. Mungkin Anda berasumsi bahwa kegagalan berarti Anda melakukan segala sesuatunya dengan buruk atau Anda tidak akan pernah sukses dalam apapun. Atau, mungkin Anda berpikir bahwa tidak ada seorang pun yang akan menyukai Anda jika Anda gagal.

Asumsi-asumsi ini tidak benar. Dan, pemikiran negatif semacam ini justru dapat mencegah Anda melakukan hal-hal di mana Anda mungkin tidak akan gagal kali ini.

Tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa dipelajari dari kegagalan

Kegagalan bisa menjadi satu guru yang hebat apabila Anda reseptif terhadap segala jenis pembelajaran. Apakah Anda baru saja melakukan suatu kesalahan? Atau, apakah Anda justru kerap berbuat salah?

Pikirkan tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan metode yang berbeda di lain waktu. Kemudian, Anda akan memastikan bahwa kegagalan telah menjadi pelajaran hidup yang membantu Anda mendalami sesuatu.

Buat rencana untuk bergerak maju

Tidak ada gunanya bagi Anda untuk terus-menerus memutar ulang kegagalan di dalam benak Anda. Jangan biarkan diri Anda untuk selalu berkubang dalam penyesalan atas kesalahan yang terlanjur dibuat. Memikirkan masalah atau mengulangi kesalahan yang sama justru hanya akan membuat Anda jalan di tempat; Anda tidak akan pernah berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebaliknya, pikirkan tentang apa yang akan Anda lakukan dengan berbeda di lain waktu. Kembangkan rencana yang akan membantu Anda untuk mengumpulkan cukup informasi atas apa yang sudah Anda peroleh dari kegagalan yang Anda hadapi.

Hadapi ketakutan akan kegagalan

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk menghindari kegagalan, justru kegagalan itu bisa terasa sangat menyeramkan ketika akhirnya menimpa Anda. Bagaimanapun juga, menghadapi ketakutan Anda akan kegagalan itu sendiri bisa menjadi kunci penting untuk mengurangi ketidaknyamanan yang Anda rasakan akibat cemas berlebih.

Belajarlah untuk melangkah keluar dari zona nyaman Anda. Lakukan hal-hal baru yang mungkin akan mendapatkan penolakan dari orang-orang di sekitar Anda, atau cobalah kegiatan baru di mana Anda mungkin akan mengalami kegagalan di dalam prosesnya. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan mengerti bahwa kegagalan sejatinya tidak seburuk yang Anda bayangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like