Apakah Minum Kopi dapat Memperkuat Ingatan?

minum kopi memperkuat ingatan

Para pengopi sering bertanya-tanya apakah kafein dapat memperkuat ingatan mereka. Itu terjadi karena banyak orang yang meyakini setelah mereka minum kopi, mereka merasa lebih terjaga. Seorang pengopi yang menggambarkan dirinya sebagai “orang yang pelupa” mengatakan bahwa ingatan nya membaik setelah minum kopi.

Tetapi apakah memang terdapat hubungan antara keduanya, atau apakah hubungan itu hanya ada di benak para pengopi? Temukan beberapa fakta tentang keterkaitan antara kafein dan daya ingat pada ulasan berikut ini.

Bagaimana Cara Kerja Kafein

Kafein adalah obat stimulan yang dapat memengaruhi otak secara langsung, dan telah terbukti bahwa kafein dapat meningkatkan kewaspadaan. Namun, efek yang ditimbulkan antara kafein dan daya ingat itu beragam.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan beberapa jenis ingatan. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa manfaat kafein pada ingatan tergantung dari keadaan. Hal ini berarti kafein hanya memperkuat ingatan jika kafein digunakan dalam kedua waktu yaitu saat mengambil informasi dan saat kita mengingatnya nanti.

Jika seseorang tidak menggunakan kafein saat mengambil informasi, tetapi baru menggunakan kafein saat mengingat informasi tersebut maka kinerja orang tersebut akan menjadi kurang baik. Di sisi lain, jika mereka menggunakan kafein saat mengambil informasi, namun tidak menggunakannya saat mengingat informasi, maka kinerjanya akan menjadi lebih buruk lagi dari pada jika mereka menggunakan kafein hanya saat akan mengingat informasi.

Studi lain menunjukkan bahwa pada situasi tertentu, kafein justru memperburuk kinerja. Seperti halnya pada situasi dimana seseorang mengingat sesuatu secara sekilas saja atau tanpa diminta. Orang tersebut akan mengingat lebih banyak ingatan yang salah ketika mereka berada di bawah pengaruh kafein, sehingga efek stimulasi ke otak mereka menghasilkan ingatan yang tidak akurat.

Efek Kafein pada Ingatan Orang Tua

Terdapat beberapa penelitian tentang penggunaan kafein pada orang tua. Dan hasil dari penelitian tersebut mengatakan bahwa kafein secara alami dapat menangkal penurunan ingatan yang dikarenakan pertambahan usia. Sebagai contoh, terdapat satu penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi penurunan daya ingat pada siang hari yang dialami oleh “orang yang tidur awal dan bangun awal” – orang tua pada umumnya bekerja lebih baik di pagi hari daripada siang hari.

Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa kafein bukanlah cara yang dapat diandalkan untuk meningkatkan daya ingat pada orang tua. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pada tes memori episodik orang yang lebih tua memiliki kinerja yang lebih buruk setelah mengonsumsi makanan yang mengandung kafein daripada mereka yang tidak. Dan meskipun telah terbukti bahwa kebiasaaan mengonsumsi kafein memang ada kaitannya dengan peningkatan ingatan jangka panjang, tetapi hal ini tidak dapat melawan penurunan ingatan yang dikarenakan pertambahan usia.

 Periksalah ke dokter untuk mengetahui apakah Anda benar-benar mengalami masalah dengan ingatan Anda, cari cara lain untuk meningkatkan daya ingat Anda, dan berapa jumlah kafein yang optimal yang boleh Anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kutipan psikologi terbaik
Read More

3 Kutipan Psikologi Terbaik

Kutipan yang menginspirasi dapat memberikan wawasan dan perspektif baru tentang masalah yang dihadapi setiap orang pada satu waktu…
membuat daftar keinginan
Read More

Manfaat Dari Daftar Keinginan

Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk hal yang Anda nikmati dalam hidup – melakukan hal yang Anda sukai…