Bagaimana Membangun Kepercayaan Diri dalam Pekerjaan

Percaya diri menjadi aspek penting dalam mengembangkan karier. Tidak peduli seberapa baik prestasi akademik Anda, kepercayaan diri akan mempengaruhi seberapa cepat karir Anda meningkat.

Pernahkah Anda menemukan sebuah kasus bahwa seseorang berhasil dalam karirnya hanya karena dia memiliki keyakinan besar? Ya, itu kenyataannya. Jadi, untuk alasan ini, mari kita bahas hal-hal yang berkaitan dengan kepercayaan diri dan cara terbaik untuk membangunnya.

Apa itu PERCAYA DIRI?

Apa itu keyakinan? Istilah kepercayaan berasal dari bahasa Latin, fidere, yang berarti “percaya”. Jadi, makna kepercayaan diri adalah percaya pada kemampuan dan penilaian diri dalam melaksanakan tugasnya. Lebih lanjut, orang yang percaya diri biasanya memiliki harapan yang realistis dan selalu berpikir positif.

Jenis keyakinan

Ada beberapa istilah yang terkait dengan kepercayaan diri. Berikut ini adalah empat jenis keyakinan yang perlu Anda tahu:

· Self-concept (Konsep diri)

Istilah ini berkaitan dengan bagaimana Anda meringkas diri Anda. Bagaimana Anda melihat potret diri sendiri secara keseluruhan atau bagaimana Anda mempersepsikan diri Anda secara keseluruhan.

· Self-esteem (Harga Diri)

Istilah ini menggambarkan seberapa positif Anda melihat diri Anda sendiri. Harga diri juga terkait dengan seberapa jauh Anda menghargai diri sendiri atau sejauh mana Anda percaya ada sesuatu yang berharga dalam diri Anda.

· Self-efficacy

Istilah ini membahas seberapa yakin Anda dengan kapasitas Anda, terutama dalam menyelesaikan tugas atau mengelola masalah dengan hasil yang baik.

· Self-confindene (Percaya Diri)

Sudah pasti istilah ini lebih populer daripada yang lain. Istilah ini menggambarkan seberapa yakin Anda akan kemampuan Anda dan seberapa jauh Anda merasa pantas untuk meraih kesuksesan. Kepercayaan diri sendiri dianggap sebagai kombinasi dari self-esteem dan self-efficacy.

Faktor Penyebab Rendahnya Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri yang rendah tidak sepenuhnya salah Anda. Itu karena beberapa faktor seperti genetika dan gaya asuh orang tua dapat mempengaruhi kepercayaan diri. Mari kita lihat factor-faktor yang membuat orang memiliki kepercayaan diri rendah.

· Genetika

Penelitian telah menunjukkan bahwa genetika juga memiliki peran penting dalam kepercayaan diri. Serotonin — lebih dikenal sebagai hormon bahagia — dan Oksitosin — yang disebut hormon cinta — adalah senyawa yang dirilis oleh otak yang terkait dengan meningkatkan kepercayaan diri. Keduanya ternyata secara genetik diwariskan, jadi jangan heran jika Anda menemukan seseorang tampak percaya diri sejak lahir.

· Gaya Asuh

Bagaimana orang tua Anda memperlakukan Anda sebagai seorang anak akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri Anda juga. Apakah orang tua Anda sering mengejek Anda? Apakah mereka suka membandingkan Anda dengan anak lain? Atau, apakah mereka sering mengatakan bahwa Anda tidak memiliki bakat? Seorang anak, yang tumbuh di lingkungan seperti ini, pasti akan menjadi rendah diri sebagai orang dewasa.

· Trauma Akibat Bullying

Bullying yang terjadi di masa kecil dapat meninggalkan luka yang sangat mendalam. Jika orang tidak dapat menekan trauma ini, ia dapat memiliki kepercayaan diri yang rendah sebagai orang dewasa. Dampak yang sama berlaku juga pada korban bullying di usia dewasa. Dalam kebanyakan kasus, itu membuat mereka merasa cemas, dan mereka tidak memiliki antusiasme untuk mencapai tujuan yang menantang.

Bagaimana Membangun Kepercayaan Diri

Jangan biarkan karir Anda berhenti hanya karena kurangnya kepercayaan diri. Coba Tips di bawah ini untuk mengatasinya!

1. Anda Harus Memiliki Integritas

Integritas didefinisikan sebagai cara Anda melihat atau menilai diri sendiri. Setiap orang tentu memiliki penilaian terhadap diri mereka sendiri. Jadi, untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda, Anda harus memiliki integritas. Integritas yang kita bahas di sini adalah nilai yang dapat Anda percayai dan perjuangkan. Semakin kuat integritas Anda, semakin besar kepercayaan orang lain terhadap Anda.

2. Fokus pada Kekuatan Anda

Hanya fokus pada kekuatan dan bakat yang Anda miliki. Terkadang, kita berpikir terlalu banyak mengenai kelemahan kita, jadi kita melupakan kekuatan dari diri kita sendiri. Oleh karena itu, mulai sekarang, selalu berkonsentrasi pada kekuatan yang Anda miliki dan mencoba untuk memberikan yang terbaik.

3. Fokus pada Standar Anda

Terlepas dari situasi apapun yang membuat Anda merasa kurang percaya diri, Anda harus tetap berpegang pada standar yang Anda miliki. Karena tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, Anda tidak akan pernah bisa memenuhi keinginan semua orang.

Seperti yang disarankan oleh Lynn Taylor, penulis “Tame Your Terrible Office Tyrant”, kita harus fokus pada tugas kita dan jangan berkecil hati dengan gunjingan di kantor. Selain itu, jangan biarkan pendapat orang lain tentang Anda mempengaruhi kinerja dan kepercayaan diri Anda.

4. Monitor Kesuksesan Anda

Untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda, cantumkan semua pencapaian yang Anda terima. Misalnya, Kumpulkan semua tugas atau hasil presentasi yang mendapatkan pujian dari manajer atau kolega Anda. Dengan melihat file, Anda akan lebih termotivasi untuk menyerupai lebih percaya diri. Juga, metode ini akan membuat Anda lebih menyadari kekuatan Anda.

5. Meminta Pendapat Orang Lain

Minta masukan dari manajer atau kolega Anda. Menurut Dr. Katharine Brooks, Direktur Liberal Arts Career Services di University of Texas, umpan balik yang diberikan oleh kolega atau manajer dapat membantu Anda mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan Anda. Terkadang, orang lain bisa melihat talenta kita lebih jelas dari diri kita sendiri.

Kesimpulan

Setiap orang memiliki bakat mereka, dan itulah mengapa mereka layak dicintai, termasuk Anda. Selain menyadari kelemahan Anda, Anda juga perlu tahu apa kekuatan Anda. Juga, selalu ingat apa keberhasilan yang telah Anda capai dan kemudian menjadikannya sebagai sumber energi ketika Anda sedang down. Juga, jangan ragu untuk mengikuti tips di atas tentang bagaimana membangun kepercayaan diri di tempat kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like