Bagaimana Menerima Diri Anda dan Hidup Lebih Bahagia

Penerimaan diri adalah kunci untuk menyelesaikan berbagai masalah psikologis, dari rasa rendah diri hingga isu penampilan fisik.

Belajar bagaimana menerima diri memang sulit, dan kita sering merasa sadar diri terhadap kekurangan kita. Lebih sulit lagi bagi orang dengan pengalaman negatif, seperti kekerasan dan perundungan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mempelajarinya.

Mengapa Penerimaan Diri Itu Penting

Menumbuhkan penerimaan diri akan membawa manfaat jangka panjang untuk Anda. Beberapa di antaranya adalah”

  • Kesehatan fisik dan emosional

Tahukan Anda bahwa stres kronis menyebabkan banyak masalah fisik dan mental? Penerimaan diri mengurangi kemungkinan stres kronis, memberi Anda hidup yang lebih sehat.

  • Hubungan sosial yang lebih baik

Penerimaan diri mengajari Anda bagaimana menjadi lebih rendah hati, berpikiran terbuka, dan fleksibel dalam menghadapi orang lain. Hubungan sosial Anda akan tumbuh semakin baik, begitu juga dengan lingkungan sosial Anda.

  • Bebas dari perenungan

Perenungan terjadi saat Anda menyimpan hal-hal negatif dalam pikiran, bahkan lama setelah kejadian sebenarnya terjadi. Hal itu juga membuat Anda terus menerus menganalisa segala sesuatu, yang hanya menyebabkan stres. Penerimaan diri membebaskan Anda dari kebiasaan buruk ini, karena Anda belajar menerima bahwa hal-hal positif dan negatif, keduanya adalah bagian dari dunia ini.

  • Kemampuan memecahkan masalah yang lebih baik

Anda tidak bisa memecahkan masalah jika Anda terus menolak sesuatu yang baru saja terjadi. Penerimaan diri membantu Anda melihat sebuah masalah dengan pikiran yang lebih jernih, karena Anda mengakui kesalahan atau kekeliruan yang dilakukan.

Penerimaan diri juga menuntut Anda untuk mengevaluasi ulang pikiran dan pandangan Anda, yang bagi banyak orang sulit dilakukan. Belajar untuk menerima diri sendiri memerlukan waktu lama, tetapi Anda bisa melakukannya dengan cara yang benar.

Cara Menerima Diri Sendiri

Psikoterapis memiliki cara yang unik untuk membantu klien mereka menerima diri sendiri, tetapi strategi yang mereka gunakan berangkat dari hal-hal umum. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menerima diri sendiri:

  1. Mulai dengan tekad yang kuat

Ini terdengar sederhana, tetapi tekad menentukan apakah Anda akan berhasil atau tidak. Memiliki tekad berarti Anda siap untuk mengevaluasi ulang pikiran, pandangan, bahkan penilaian Anda menjadi lebih baik. Memahami bahwa penerimaan diri adalah obat merupakan tahap pertama dari rantai reaksi positif.

  1. Tuliskan kekuatan Anda

Anda harus tahu potensi Anda untuk memulai perjalanan penerimaan diri. Buat daftar hal-hal yang Anda banggakan (jangan malu-malu!). Misalnya, Anda adalah dermawan yang suka menolong. Anda pendengar yang baik bagi orang yang menceritakan masalah mereka. Anda selalu melakukan yang terbaik dalam setiap situasi. Buat daftar dalam selembar kertas untuk memberikan “tamparan” yang lebih realistis.

  1. Pilih teman dan keluarga Anda

Beberapa teman dan bahkan anggota keluarga bisa menjadi racun jika mereka selalu membuat Anda merasa rendah diri dan tidak berharga. Pikirkan tentang orang-orang dalam hidup Anda, terutama mereka yang ada di sekitar Anda. Apakah mereka terus menerus menjatuhkan Anda? Apakah mereka menyemangati Anda saat Anda merasa negatif? Begitu Anda menunjuk orang-orang negatif tersebut, Anda bisa mengurangi frekuensi pertemuan dengan mereka.

  1. Mendekat dengan sistem dukungan

Begitu Anda mengidentifikasi orang-orang yang positif, mendekatlah pada mereka. Jadilah lebih terbuka dan membagi cerita dengan orang yang paling bisa diandalkan. Minta dukungan dari mereka dan kembangkan hubungan yang baik sebagai imbalannya. Orang-orang ini akan menjadi pendukung terbaik Anda untuk waktu yang lama.

  1. Berdamai dengan kesalahan dan mimpi yang hilang

Banyak orang tidak bisa menerima diri mereka karena masih terpaku pada kesalahan di masa lalu dan mimpi yang hilang. Coba untuk melepaskan beban itu secara perlahan. Pikirkan banyak hal baik yang terjadi di kehidupan Anda sekarang, dan bagaiman mereka lebih penting daripada kesengsaraan di masa lalu. Katakan pada diri Anda: “itulah yang terbaik yang bisa saya lakukan dengan informasi, pandangan, dan pengalaman yang terbatas.”

  1. Terlibat dalam aktivitas sosial dan sukarela

Merubah perspektif adalah hal yang baik untuk membuat Anda merasa lebih positif dan tidak menyalahkan diri. Aktivitas sosial dan sukarela akan “memaksa” Anda untuk melihat realitas yang lain, yang mungkin lebih buruk dari hidup Anda. Anda juga bisa mendapatkan kebahagiaan dengan memberi dan mengasihi orang lain. Temukan aktivitas positif di sekitar Anda, seperti tempat penampungan, donor darah, layanan pemulung, dan lain sebagainya.

  1. Sayangi diri

Kurangnya penerimaan diri bisa menuju pada perilaku yang merugikan diri sendiri. Misalnya, Anda bisa mengalami sulit makan dan tidur, atau menyalahgunakan alkohol dan obat-obatan. Menyayangi diri sendiri adalah cara untuk merasa lebih baik, yang memudahkan penerimaan diri. Lakukan kembali hobi yang Anda tinggalkan, seperti bermain music, berkebun, atau melukis. Membaca, mendengarkan music, beryoga, dan bermain dengan hewan piaraan bisa membuat Anda merasa lebih baik.

  1. Temukan diri terbaik Anda

Visualisasikan versi diri Anda yang terbaik. Apakah seorang yang dermawan dan bijaksana? Apakah ia lebih percaya diri dan tegas daripada Anda sekarang? Sekarang, bayangkan orang tersebut berbicara pada Anda. Apa yang akan mereka katakan agar Anda bisa seperti mereka? Latihan mental seperti ini sangat baik untuk menciptakan perspektif diri, menuntun Anda menjadi orang yang lebih baik dan berhenti menyalahkan diri sendiri.

Terus menyalahkan dan mengkritisi diri sendiri sangat melelahkan, membuat frustrasi, dan menenggelamkan Anda ke kesedihan terdalam.

Belajar bagaimana menerima diri adalah jalan terbaik untuk menjalani hidup sebaik-baiknya, dengan semua potensi yang dimiliki. Gabungkan dukungan internal dan eksternal untuk membebaskan pikiran dari celaan dan kritik yang jahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like