Bagaimana Menghentikan Stres Sebelum Menjadi Parah

menghentikan stres sebelum parah

Kita semua tahu bagaimana rasanya hidup kewalahan karena stres, dan blog ini menawarkan banyak teknik efektif untuk meredakan stres yang tinggi menjadi lebih terkontrol agar tidak sampai berakibat buruk pada kesehatan Anda.

Walaupun demikian, cara terbaik untuk mengelola stres yang akut adalah dengan mencegahnya terjadi, atau mengatasinya saat masih di level rendah dan mencegahnya menjadi lebih parah dan berbahaya.

Di bawah ini adalah beberapa strategi penting yang bisa membantu Anda mengelola stres sehari-hari agar tidak menjadi besar.

Perhatikan Tubuh Anda

Sebelum Anda terkena maag, penyakit jantung dan masalah kesehatan serius lain akibat stres, tubuh Anda akan mengalami gejala-gejala sakit yang ringan seperti sakit kepala, masalah pencernaan dan kurang tidur.

Saat Anda merasakan tanda-tanda awal bahaya seperti ini, mulailah berlatih teknik-teknik untuk meredakan ketegangan yang dirasakan dan hentikan segera stres level rendah tersebut sebelum menjadi parah.

Aktivitas Fisik

Berlatih seni bela diri, jogging, angkat beban, atau sekedar berjalan santai dapat memperbaiki suasana hati dan meredakan perasaan stres karena aktivitas-aktivitas tersebut meningkatkan produksi endorfin, menurunkan kadar kortisol, dan segudang manfaat lain.

Makan dengan Baik

Diet yang sehat membuat Anda memiliki energi untuk melawan stres sehari-hari dan menjaga level gula darah Anda tetap stabil sehingga Anda tidak mengalami mood swings akibat kadar gula darah yang rendah.

Melewatkan makan dan memilih makanan yang tidak sehat akan membuat Anda merasa cepat lelah, rentan terkena serangan penyakit, rasa stres yang lebih parah, dan masalah-masalah kesehatan umum yang lain.

Bersantai

Menjaga tubuh dan pikiran agar tetap rileks sangatlah penting. Meditasi, berdoa, menyalurkan hobi kreatif, mendengarkan musim, dan tertawa, semuanya sangat ampuh mengatasi stres.

Menciptakan Batasan

Tenggelam dalam jadwal yang menumpuk dan sering diburu waktu adalah penyebab utama stres. Dengan memprioritaskan komitmen Anda dan menolak beberapa pekerjaan yang dibebankan akan membuat Anda lebih mampu melakukan apa yang benar-benar penting, dan Anda juga akan memiliki waktu ekstra untuk melakukan aktivitas lain yang bisa menghalau stres.

Menjaga Hubungan Sosial yang Suportif

Memiliki jalinan persahabatan yang saling mendukung membuat Anda tetap sehat dan meredakan stres dengan banyak cara. Teman bisa menjadi tempat bersandar yang Anda butuhkan saat kehilangan arah atau pendengar baik yang akan membuat Anda merasa diterima dan dipahami.

Penelitian membuktikan bahwa rasa memiliki dapat menurukan risiko depresi pada diri Anda. Dan memiliki teman yang bisa membuat Anda tertawa juga bisa membuat hubungan Anda lebih sehat dan bebas stres.

Cari Distraksi yang Menyenangkan

Bermain games, membaca, menonton film dan televisi, semuanya bisa membuat Anda teralihkan dari hal-hal yang menyebabkan stres ke hal-hal yang lebih menyenangkan. Terkadang, ini hanyalah jeda sejenak yang Anda butuhkan untuk menghentikan Anda dari terobsesi pada masalah dan memungkinkan tubuh dan pikiran Anda memasuki fase santai. Jadi, saat Anda kembali dihadapkan pada kondisi yang memicu stres, Anda tidak akan mudah dikalahkan.

Tetap Miliki Perspektif Positif

Sepanjang hari, berhentilah dan evaluasi arus-arus pikiran tak berujung yang berlarian dalam kepala Anda. Jika pikiran tersebut negatif, cobalah untuk membingkai ulang pikiran-pikiran tersebut secara positif.

Menggunakan bahasa yang tidak terkesan negatif dalam self-talk, menggali manfaat tersembunyi dan kelemahan yang nampak dari situasi yang tidak nyaman, dan mengingatkan diri sendiri bahwa semua ini akan berlalu adalah strategi-strategi yang efektif dalam berpikir positif yang telah terbukti sangat membantu bagi banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like