Bahagia Adalah Pilihan, Maka Bahagialah!

Setiap orang tentu memiliki definisi yang berbeda tentang arti kebahagiaan. Dalai Lama XIV pernah berkata, “Kebahagiaan bukanlah sesuatu sudah ada. Itu berasal dari tindakan Anda sendiri. ”

Dari pernyataan ini, dapat disimpulkan bahwa kebahagiaan adalah pilihan yang kita buat sendiri, bukan hanya hadir dalam hidup. Jadi, jika Anda merasa hidup terlalu berat untuk dijalani, dan kebahagiaan tampaknya sangat jauh, cobalah beberapa tips di bawah ini. Artikel ini mungkin tidak sepenuhnya menghapus kesedihan Anda, tetapi Anda akan tersenyum lagi setelah selesai membacanya.

1. Selalu bersyukur dalam kondisi apapun

Syukur adalah cara terbaik untuk mencapai kebahagiaan. Ini benar! Terutama ketika kita bersyukur atas setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita. Baik atau buruk, segala sesuatu yang terjadi adalah yang terbaik bagi kita. Memang rasanya sulit untuk dapat menerima segala sesuatu dengan hati yang damai dan bersyukur. Namun, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Ketika Anda pertama kali membuka mata Anda di pagi hari, pikirkan betapa bersyukurnya Anda bahwa Anda masih diizinkan untuk melihat dunia yang menakjubkan ini. Dan ketika malam tiba, ketika Anda ingin menutup mata Anda, ingat lagi betapa senangnya Anda karena Anda masih bisa tidur dengan nyaman.

Kadang kala, karena kita terlalu terfokus pada hal yang buruk, kita lupa bahwa ada banyak hal yang harus kita syukuri, seperti pasangan setia, anak yang mengasihi Anda, atau teman yang selalu berada di sisi Anda.

2. Sudahkah Anda Memaafkan Diri Anda Sendiri?

Siapapun dapat membuat kesalahan. Kita semua pernah melakukan sesuatu yang tidak membanggakan dan amat memalukan untuk diceritakan. Seperti dijelaskan oleh Dr Frederic Luskin, tantangan terbesar dalam memaafkan diri sendiri adalah bahwa kita cenderung untuk menemukan kesulitan untuk beralih dari rasa bersalah yang dibuat oleh kesalahan itu. Jadi, mungkin sudah waktunya bagi kita untuk mengampuni diri kita sendiri dan hidup dengan hati yang tenang.

3. Berhenti Berpikir Berlebihan!

Apakah Anda pernah memikirkan sesuatu selama berjam-jam? Bahkan membuat Anda terjebak dalam kecemasan dan kemudian menyadari bahwa Anda tidak memiliki solusi untuk memecahkan masalah itu. Itu disebut berpikir berlebihan.

Dalam beberapa kasus, pemikiran yang berlebihan biasanya terjadi ketika kita harus membuat keputusan besar dalam hidup. Apakah keputusan yang kita buat benar atau salah? Apa yang terjadi selanjutnya jika ternyata kami membuat pilihan yang salah? Jika kita terus melakukan kebiasaan buruk ini, dampaknya akan sangat buruk bagi mental dan fisik kita.

Menurut studi, perempuan lebih mudah berpikir berlebihan (overthinking) daripada pria-dengan persentase 57 untuk wanita dan 43 persen untuk pria. Akibatnya dapat memicu kecemasan dan depresi – terutama terjadi pada wanita.

Jadi, bagi Anda yang merasa mudah overthinking, Anda tidak harus mengisolasi diri dari dunia. Semakin sering Anda sendirian, semakin buruk Anda berpikir berlebihan. Buatlah diri Anda sibuk dengan kegiatan positif seperti yoga, meditasi, atau mungkin mencari hobi baru yang menyenangkan.

4. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Tidak peduli seberapa sibuk Anda, luangkan waktu untuk melakukan apa yang Anda suka. Misalnya, melakukan hobi Anda, bergaul dengan teman, atau bahkan hanya mendengarkan musik favorit Anda di rumah. Tentu, itu akan membuat kesehatan mental Anda terawat dengan baik dan hidup positif.  Anda mungkin juga memiliki lebih banyak waktu untuk introspeksi diri, menentukan apa yang perlu diubah dan dipertahankan, serta apa rencana berikutnya yang akan Anda lakukan.

5. Jangan Terlalu Sering Mengeluh

Kunci untuk kebahagiaan adalah mencoba untuk menghentikan keluhan. Daripada meratapi takdir yang tidak sesuai harapan, cobalah untuk mengatasinya dan jangan mengulangi kesalahan yang sama. Jangan takut akan perubahan yang dapat membuat Anda lebih baik.

6. Belajarlah untuk Menjadi Sedikit Egois

Anda mungkin khawatir tentang perasaan orang lain; seperti selalu mencoba yang terbaik untuk membuat mereka bahagia, meskipun Anda mungkin tidak merasakan hal yang sama. Mungkin bagus, kadang-kadang.

Namun, cobalah untuk belajar menjadi sedikit egois dalam hidup Anda. Dahulukan kebutuhan Anda apa pun itu sehingga Anda memiliki energi untuk menjalani hidup Anda dengan hati ceria. Setelah itu, Anda dapat menghibur orang-orang di sekitar Anda.

7. Berhenti Mengkhawatirkan Masa Depan

Nikmati saat ini dan berhenti mengkhawatirkan segala sesuatu yang mungkin terjadi di masa depan. Ini juga merupakan salah satu faktor yang dapat menguras energi positif dan kebahagiaan Anda.

Di sisi lain, adalah masuk akal untuk berpikir tentang masa depan. Namun, jangan terjebak dalam pikiran. Fokus juga pada hari ini dan jangan berpikir terlalu banyak tentang apa yang berada di luar kendali Anda.

Penutup

Menjadi bahagia adalah untuk mengenali bahwa hidup ini sangat bermakna, bahkan ketika kita harus melalui banyak tantangan dan saat-saat krisis. Tentu, selalu ada saat-saat ketika kita perlu berhenti dan mengambil napas sebelum melanjutkan perjalanan. Namun, selalu ingat bahwa kebahagiaan adalah pilihan yang kita buat dengan tind

akan kita sendiri. Jadi, silakan mendefinisikan kebahagiaan sesuai versi Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like