Bersih-Bersih Untuk Mengurangi Stres

bersih-bersih untuk menghilangkan stres

Setelah seharian di kantor, hal terakhir yag mungkin ingin Anda lakukan untuk menghilangkan stres adalah dengan pulang ke rumah dan membersihkan rumah. Banyak orang lebih menghubungkan bersih-bersih dengan pekerjaan yang membosankan ketimbang relaksasi, untuk alasan yang jelas. Namun, terdapat beberapa alasan mengapa bersih-bersih dapat menjadi penghilang stres yang baik.

Beberapa dari alasan ini ada hubungannya dengan bersih-bersih, dan beberapa alasan berasal dari hasil akhir usaha Anda. Apa pun itu, informasi berikut ini mugkin membuat Anda ingin memulai bersih-bersih ketika Anda stres lagi.

Bersih-Bersih Memberikan Keringanan dari Kekacauan

Mari kita hadapi: kekacauan bisa membuat stres. Berjalan ke rumah yang memiliki tumpukan kertas di setiap permukaan, tumpukan cucian yang perlu disingkirkan, dan barang-barang yang berserakan di lantai terasa berbeda dari berjalan ke rumah model. Ini adalah perbedaan yang dapat Anda rasakan secara mendalam.

Sementara kebanyakan dari kita menginginkan lingkungan yang rapih dan tertata, jauh lebih banyak lagi dari kita hidup dalam lingkungan yang berantakan yang dapat menyebabkan stres. Berdasarkn jajak pendapat pada situs ini, kurang dari 10% responden tinggal di rumah yang bebas dari kekacauan, dan lebih dari sepertiganya tinggal di lingkungan yang sangat berantakan sehingga mereka sendiri tidak tahu harus mulai membersihkan dari mana.

Bersih-Bersih Sebagai Penghemat Uang

Jika Anda terlambat membayar tagihan (karena Anda tidak dapat menemukan tagihan tersebut), mengganti barang-barang yang masih Anda miliki (karena Anda tidak tahu dimana barang tersebut) dan lebih sering makan di luar (karena dapur Anda terlalu kacau dan berantakkan untuk memasak), sedikit pembersihan di musim semi sebenarnya dapat menghemat uang Anda. Mungkin Anda bahkan tidak menyadari bahwa rumah yang bersih juga dapat menjadi penghemat uang sampai Anda merasakannya.

Bersih-Bersih Sebagai Meditasi

Sementara hasil akhir dari sesi utama bersih-bersih – rumah yang indah dan bersih – dapat menjadi penghilang stres yang baik, tindakan membersihkan rumah dapat menjadi sebuh teknik manajemen stres dengan sendirinya. Jika Anda memasukan perhatian penuh dalam pembersihan Anda, kegiatan itu sebenarnya menjadi bentuk meditasi, sehingga Anda lebih rileks setelah selesai.

Bersih-Bersih Sebagai Pesta

Jika Anda bukan orang yang termasuk bermeditasi saat Anda bersih-bersih, mengapa tidak masuk ke arah lain, dan mengubah pengalaman bersih-bersih anda menjadi sebuah pesta kecil? Musik memiliki banyak manfaat penghilang stres yang indah, dan memutar musik saat Anda bersih-bersih membuat kegiatan tersebut menjadi lebih menyenangkan. Putarlah lagu dansa favorit Anda saat Anda bersih-bersih, dan Anda mungkin akan bekerja dan selesai dengan lebih cepat.

Bersih-Bersih Sebagai Latihan

Tindakan pembersihan, jika dilakukan dengan benar, dapat membawa keuntungan tambahan untuk membuat Anda latihan sedikit lebih ekstra, yang mana dapat menjadi hal yang hebat dalam mengurangi stres. Berlari naik turun tangga, mengangkat barang dari satu ruangan ke ruangan lain, dan menggosok jendela dan pintu dapat membakar kalori, melepaskan endorfin, dan membantu Anda mengeluarkan uap. Pembersihan di musim semi sesungguhnya merupakan latihan rutin yang dapat memberi banyak manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kutipan psikologi terbaik
Read More

3 Kutipan Psikologi Terbaik

Kutipan yang menginspirasi dapat memberikan wawasan dan perspektif baru tentang masalah yang dihadapi setiap orang pada satu waktu…
membuat daftar keinginan
Read More

Manfaat Dari Daftar Keinginan

Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk hal yang Anda nikmati dalam hidup – melakukan hal yang Anda sukai…