Cara Mendapatkan Kepuasan Bekerja

mendapatkan kepuasan bekerja

Apabila saat ini Anda merasa terlalu tertekan dan hal tersebut beresiko membuat Anda mengalami burnout ketika bekerja, Anda mungkin merasa bahwa “perubahan besar-besaran” pada beberapa aspek kehidupan Anda adalah hal yang kini Anda perlukan demi menikmati pekerjaan Anda dan menghindari lelah berlebih.

Namun, sebelum Anda membuat perubahan besar, ada baiknya jika Anda mulai dengan menyesuaikan beberapa hal kecil terlebih dahulu. Penyesuaian secara bertahap ini dapat membantu Anda untuk lebih menikmati pekerjaan. Hal ini juga dapat memberikan Anda kesempatan untuk mempertimbangkan apakah perubahan secara masif benar-benar diperlukan.

Ketahui Tiap Detil dari Pekerjaan Anda

Jika Anda memiliki sedikit pemahaman tentang apa saja yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab Anda saat bekerja, kecil kemungkinannya Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik. Sayangnya, terkadang ini bukanlah perkara yang mudah untuk mengetahui apa saja yang menjadi tugas Anda jika rekan kerja atau atasan Anda tergolong dalam kategori “komunikator yang buruk”.

Beberapa atasan mungkin tidak cakap dalam mengemukakan ekspektasi mereka terhadap karyawan. Mereka juga acapkali memberikan tugas baru secara mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Belum lagi beberapa insiden tidak mengenakkan lainnya, seperti menugaskan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan baru yang jelas-jelas di luar kemampuan Anda, serta beberapa cara lain yang secara sengaja ditujukan untuk menggagalkan kinerja bagus para pegawainya.

Anda mungkin tidak dapat mencegah hal-hal mengerikan ini terjadi di lingkungan kerja Anda, namun kejadian-kejadian tersebut dapat memberikan pandangan yang lebih jelas bagi Anda tentang apa saja yang sebaiknya Anda lakukan untuk keluar dari situasi tersebut, yakni melalui keterampilan komunikasi asertif.

Belajar untuk membela diri sendiri dengan cara yang “terhormat” dapat meningkatkan kualitas kehidupan kerja Anda sekaligus mengurangi resiko terjadinya burnout.

Temukan Rewards dan Recognition untuk Diri Sendiri

Kita semua butuh menerima pengakuan dan penghargaan untuk tiap pencapaian yang kita lakukan. Jika pekerjaan Anda tidak memberikan peluang sedikitpun bagi Anda untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan yang harusnya menjadi milik Anda, maka Anda perlu menciptakannya sendiri.

Mungkin Anda memutuskan untuk menonton film di bioskop, melakukan spa rumahan, membeli suatu barang yang menyenangkan hati Anda, atau beberapa bentuk rewards positif lainnya ketika Anda berhasil menyelesaikan suatu proyek atau satu bulan penuh kerja keras yang Anda lewati dengan baik.

Anda juga dapat bekerja sama dengan seorang rekan kerja yang suportif, kemudian merencanakan waktu khusus untuk mendengarkan keberhasilan satu sama lain dan saling memberikan dukungan jika masing-masing pihak tidak menerima support dan rekognisi atas kerja bagus yang telah dilakukan.

Hal ini bersifat konstruktif bagi perkembangan emosional Anda juga mengingatkan Anda kembali akan pentingnya pekerjaan yang Anda lakukan, terutama jika Anda bekerja di bidang yang jarang memberikan reward bagi para pekerjanya.

Pertahankan Gaya Hidup Seimbang

Penting hukumnya untuk menjaga keseimbangan dalam gaya hidup Anda; jika keseharian Anda hanya dipenuhi dengan pekerjaan dan nol waktu bersantai, lambat laun kemampuan bekerja Anda akan mengalami penurunan. Untuk menjaga keseimbangan gaya hidup Anda, langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan mengamati pilihan gaya hidup yang Anda lakoni sekarang dan cermati pada area mana ketidakseimbangan itu terjadi.

Apakah Anda punya cukup waktu untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain, melakukan hobi Anda, beristirahat, merawat diri, berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat (dan beberapa elemen penting lainnya dari gaya hidup sehat), di samping memenuhi tuntutan karier Anda? Jika jawabannya adalah tidak, maka langkah selanjutnya adalah mengatur kembali daftar prioritas Anda. Kemudian, sesuaikan gaya hidup Anda dengan prioritas terbaru tersebut guna mencerminkan komitmen Anda untuk menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan Anda.

Berpikir Positif

Anda dapat mempengaruhi bagaimana perasaan Anda terhadap suatu pengalaman yang baru-baru ini Anda alami selama Anda memiliki kemampuan untuk mengubah sikap Anda terhadap pengalaman tersebut. Dengan mengembangkan sudut pandang yang optimis serta menghapus pola pemikiran negatif, Anda dapat memahami keseluruhan dari situasi yang Anda hadapi dengan lebih bijak. Pun, produktivitas bekerja Anda akan meningkat sementara tekanan yang Anda terima menurun drastis.

Evaluasi kondisi mental Anda saat ini, dan buatlah beberapa perubahan di dalam diri Anda agar Anda senantiasa mampu melihat hal-hal di sekitar Anda dalam sudut pandang yang lebih positif. Bahkan, tak ayal lagi jika Anda akan mampu merasa lebih bahagia dalam menjalani kehidupan Anda saat ini.

Kenali Diri Sendiri dan Bekerjalah Sesuai dengan Kepribadian Anda

Beberapa aspek tertentu dari kepribadian Anda dapat memudahkan Anda untuk melakukan suatu pekerjaan dengan lebih baik dibanding pekerjaan lainnya. Apabila saat ini Anda terjebak dalan pekerjaan yang sejatinya tidak sesuai dengan kepribadian Anda, Anda berisiko menempatkan diri di bawah tekanan yang harusnya tak perlu Anda rasakan tiap kali Anda pergi bekerja.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan bagus yang dapat Anda gunakan untuk menilai kecocokan antara kepribadian dan pekerjaan Anda:

  • Mana di antara dua hal berikut yang lebih Anda sukai: a) mengerjakan satu tugas dalam tenggat waktu yang singkat, atau b) mengerjakan beberapa tugas sekaligus dalam jarak waktu yang relatif stabil?
  • Apakah Anda menyukai hal-hal yang sifatnya terstruktur namun monoton, atau bebas namun tak tentu?
  • Apakah Anda lebih menikmati menjadi “ikan besar di kolam yang kecil”, atau justru sebaliknya? (Maksudnya, apakah Anda ingin menjadi bagian kecil dari sebuah perusahaan besar atau bagian besar dari sebuah korporasi kecil, atau mungkin Anda memiliki gambaran lainnya?)
  • Apakah Anda percaya dengan apa yang Anda lakukan, dan apakah hal tersebut benar-benar penting untuk dikerjakan?

Pertanyaan-pertanyaan ini serta beberapa pertimbangan lainnya dapat memberikan Anda gambaran yang lebih luas terkait jenis pekerjaan apa yang paling cocok untuk Anda. Jika saat ini Anda berada dalam posisi yang Anda anggap jauh dari ekspektasi Anda, Anda dapat mencari tahu apakah Anda dapat mengubah beberapa aspek dari struktur pekerjaan Anda agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Atau, Anda mungkin sedang memikirkan tentang pekerjaan lain yang sekiranya lebih cocok untuk Anda. Mencari cara guna mewujudkan hal tersebut adalah ide yang baik untuk membawa angin segar dalam karier Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like