Dampak Kognitif yang Kuat dari Bercerita

dampak kognitif bercerita

Bercerita merupakan sebuah seni yang sudah lama menjadi keterampilan yang dihormati dan tradisi penting dalam berbagai budaya. Dalam perjalanan sejarahnya, para tetua kelompok dan kisah-kisah yang mereka bawakan telah dianggap sebagai harta yang berupa pengetahuan, sejarah, dan kebijaksanaan di dalam masyarakat. Anggota yang lebih tua dari sebuah kelompok didorong untuk membagikan kisah mereka dengan para generasi muda, agar dapat menjaga tradisi lisan tetap hidup.

Saat ini, para peneliti di bidang ilmu kedokteran dan sosial sangat tertarik untuk mengetahui pentingnya seni bercerita tidak hanya sebagai sarana mengajar dan menghibur, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan kognitif.

Pengaruh Bercerita pada Kesehatan Otak

Ada beberapa penelitian yang melihat bahwa kemampuan untuk menceritakan kisah-kisah yang menarik sebagai sesuatu yang mungkin telah memberikan beberapa manfaat dalam kelangsungan hidup selama manusia berevolusi. Dan penelitian lainnya telah menemukan bahwa terdapat pengaruh psikologis dan terapi dari bercerita.

Mungkin, saat ini yang paling menarik di dunia yaitu tentang penelitian umur panjang, namun semakin bertambahnya orang yang menderita demensia akan mendapat manfaat jika berpartisipasi dalam kelompok dan saling berbagi kisah, atau mengikuti terapi kenangan, yang mana dapat juga digunakan untuk mengobati masalah kesehatan mental lainnya seperti depresi.

Cara Menggunakan Seni Bercerita untuk Kesehatan Otak

Meskipun masih ada penelitian yang diperlukan untuk memahami bagaimana terapi kenangan dapat digunakan untuk memberi manfaat bagi semua populasi lansia, data terkini menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat dari bercerita yaitu peningkatan ingatan seseorang sehingga suasana hati menjadi lebih baik dan hubungan interpersonal menjadi lebih lancar.

Sayangnya saat ini kita terlalu sering mengangkat telepon terlebih dahulu untuk berbicara dengan seseorang tetapi kita belum memikirkan apa yang hendak kita katakan. Coba untuk melatih otak Anda dan memperkuat hubungan Anda dengan menceritakan berbagai kisah. Otak Anda akan mendapat banyak manfaat salah satunya menjadi lebih kreatif jika anda melakukan latihan harian dan hal ini merupakan cara terbaik untuk berbagi dengan orang-orang di sekeliling Anda.

Kenangan dan Tips Bercerita

Berikut ini merupakan beberapa tips bercerita yang akan berguna bagi kesehatan mental, hubungan yang lebih baik, dan penuaan otak yang sehat:

  1. Bersemangat. Bercerita adalah pertunjukan dan Anda memerlukan energi dan antusiasme yang tinggi untuk menceritakan sebuah kisah yang bagus. Dapatkan gairah, bahkan jika harus terlihat konyol.
  2. Senyum. Anda dapat mendengar jika ada seseorang tersenyum. Ketika seseorang menceritakan sebuah kisah dengan senyum di wajah mereka, dan melakukan perubahan suara dengan intonasi yang halus. Jika Anda tersenyum, maka Anda akan memilih kata-kata yang berbeda. Ingat, bercerita juga hiburan – sehingga hal itu harus menyenangkan.
  3. Berlatih. Pilihlah satu cerita setiap pagi yang akan menjadi kisah Anda pada hari itu. Ketika ada seseorang menelepon atau datang, Anda akan siap dengan cerita Anda. Bersemangatlah untuk menceritakannya. Sehingga para pendengar Anda akan tidak sabar untuk pergi ke tempat Anda dan mendengarkan cerita Anda.
  4. Buatlah dengan singkat. Cerita dapat berlanjut terus menerus – coba untuk tetap melakukannya dengan singkat namun menarik. Cerita yang bagus tidak harus panjang.
  5. Gunakan banyak detail. Perhatikan hari-hari Anda atau coba untuk mengingat acara yang pernah Anda ikuti di masa lalu. Saat Anda bercerita sertakan detail seperti pakaian yang dikenakan orang, cara mereka bertindak, dan seperti apa rasanya. Jangan katakan, “Dia tampak kesal”, katakanlah “Dia mengeluarkan api dari matanya.” Hidupkan cerita tersebut dengan detail dan terperinci.
  6. Mengembangkan karakter. Orang yang memeriksa, tukang pos, tukang ledeng – semua bisa menjadi karakter yang bagus dalam cerita Anda. Belajarlah untuk memperhatikan dan menghargai semua keunikan yang dimiliki oleh setiap orang. Deskripsikan orang-orang ini, dan coba untuk berpkir seperti apa yang mereka pikirkan.
  7. Jangan pernah berpikir hal itu tidak menarik. Apa pun bisa menjadi menarik jika diceritakan dengan baik. Jangan khawatir jika akhir-akhir ini tidak ada drama hebat yang terjadi pada Anda. Bercerita itu lebih tentang bagaimana cara Anda menceritakan sesuatu, bukan pada apa yang Anda ceritakan.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kutipan psikologi terbaik
Read More

3 Kutipan Psikologi Terbaik

Kutipan yang menginspirasi dapat memberikan wawasan dan perspektif baru tentang masalah yang dihadapi setiap orang pada satu waktu…
membuat daftar keinginan
Read More

Manfaat Dari Daftar Keinginan

Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk hal yang Anda nikmati dalam hidup – melakukan hal yang Anda sukai…