Inilah 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Memiliki Internal Locus of Control yang Kuat

Internal Locus of Control (ILOC) adalah sebuah konsep dalam psikologi yang berkaitan dengan prinsip yang menentukan keberhasilan dan kegagalan individu. Konsep ini berakar pada teori Sosial-Learning theory of personality Rotter yang telah dikembangkan sejak 1954.

Konsep ini berfokus pada kemampuan seseorang untuk mengasosiasikan pencapaian atau kegagalannya dengan kapasitasnya sendiri. Dengan kata lain, konsep ini adalah suatu sistem kepercayaan yang menyatakan bahwa masing-masing memiliki kesadaran akan kekuatan dan kelemahannya.

Internal Locus of Control sering dianggap sebagai pola pikir permanen yang berasal dari genetika seseorang. Namun, beberapa penelitian baru-baru ini telah mengungkapkan bahwa konsep ini juga dapat berasal dari pengaruh sikap keluarga, lingkungan di sekitar rumah, dan interaksi sehari-hari.

Memiliki kepribadian internal locus of control yang kuat bisa sangat bermanfaat untuk pengembangan karakter Anda. Berikut ini adalah 5 alasannya:

1. Membuat Anda Menyadari Kelemahan Anda Sendiri

Menyadari kelemahan Anda sendiri merupakan kunci penting untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Banyak orang tidak menyadari kesalahan dan kelemahan mereka sendiri, bahkan terkadang mereka menghabiskan banyak waktu hingga akhirnya mereka menyadarinya.

Dengan memiliki ILOC yang kuat, Anda dapat dengan mudah mendeteksi kekurangan Anda sendiri. Sikap ini akan membuat Anda lebih mudah melakukan evaluasi diri dan menemukan jalan terbaik untuk memperbaiki diri sendiri.

Orang dengan karakter ILOC akan memahami bahwa faktor internal adalah apa yang menentukan keberhasilan atau kegagalan seseorang. Dengan demikian, Anda tidak akan sibuk mencari alasan atau menyalahkan orang lain atas kegagalan Anda.

2. Anda dapat mengambil kendali atas hidup Anda dengan mudah

Kepribadian ILOC akan membantu Anda untuk mengendalikan kehidupan Anda sendiri. Perlu dicatat bahwa salah satu keluhan yang paling umum dari masalah psikologis saat ini adalah kesulitan untuk memegang kendali dalam hidup. Banyak factor yang membuat orang percaya bahwa mereka tidak memiliki kendali atas kehidupan mereka sendiri, mulai dari ketidakpuasan dengan kondisi keuangan, kesepian, atau pengalaman traumatis di masa lalu.

Selain itu, banyak ahli percaya bahwa fenomena ini terjadi karena banyak orang merasa sulit untuk melakukan introspeksi diri subjektif dan cenderung untuk menyalahkan faktor eksternal sebagai alasan utama atas hilangnya kendali atas hidup mereka.

Namun, terlepas dari konteks ILOC, Anda harus berhenti mencari alasan dan mulai mengambil kendali hidup Anda sekarang. Lagi pula, perasaan memiliki kendali atas hidup Anda sendiri akan membuat Anda lebih bahagia dan lebih santai dalam waktu singkat.

3. Anda akan fokus pada pengembangan diri daripada memikirkan hal lain yang berada di luar kendali Anda

Kesadaran bahwa kemampuan Anda sendiri dapat menentukan hasil akan membuat Anda sibuk berfokus pada pengembangan diri. Hal ini secara tidak langsung akan membuat Anda melupakan hal lain yang berada di luar kendali Anda.

Berpikir tentang hal yang berada di luar kendali Anda adalah buang-buang waktu dan tidak boleh dilakukan. Anda tidak dapat mengatur hal yang berada di luar jangkauan Anda, seperti opini, sikap, atau perasaan orang lain. Oleh karena itu, fokus dalam mengembangkan hal yang dapat Anda kendalikan bisa menjadi keuntungan besar bagi pengembangan diri Anda.

4. Memupuk karakteristik kepemimpinan dalam jiwa Anda

Karakteristik dari konsep ILOC diyakini mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Alasan utamanya adalah orang dengan ILOC kuat biasanya lebih percaya diri dan tidak mudah dipengaruhi oleh pendapat negatif dari orang lain. Selain itu, mereka juga memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan kemampuan untuk mengevaluasi masalah dari perspektif objektif.

Namun, harus digarisbawahi bahwa kualitas kepemimpinan tidak hanya diukur oleh seberapa kuat ILOC seseorang. Karakteristik lain dapat mempengaruhi hasil akhir seperti kejujuran, perilaku etis, empati, dan integritas.

5. Keterampilan mengambil keputusan yang lebih baik

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan ILOC kuat cenderung lebih kompeten dalam membuat keputusan yang sulit. Beberapa ilmuwan menganggap bahwa alasannya adalah bahwa mereka lebih objektif dan tidak ragu untuk mempercayai ide dan pertimbangan mereka sendiri.

Dalam membuat keputusan pribadi dalam hidup, Anda sering berpikir tentang dampak dari keputusan itu pada orang lain meskipun Anda adalah orang yang akan merasakan dampaknya secara langsung. Sikap ini akan membuat sulit bagi Anda untuk membuat pilihan dalam hidup.

Akhirnya, penelitian tentang pengembangan Internal Locus of Control pada individu masih terus dilakukan hingga kini. Jika Anda ingin membentuk diri Anda menjadi orang yang lebih positif menggunakan konsep ini, cobalah untuk berkonsultasi dengan terapis untuk menemukan metode yang tepat untuk mengembangkan kepribadian ini dalam Anda.

Namun, seperti disebutkan di atas, Internal Locus of Control juga memiliki perbedaan “kecenderungan genetik” dalam setiap orang. Oleh karena itu, tidak perlu memaksakan diri untuk mengembangkan karakter tersebut jika Anda merasa bahwa konsep ini tidak cocok dengan karakter Anda. Akhirnya, mencoba untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri sudah lebih dari cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like