7 Cara Membangun dan Meningkatkan Keintiman Emosional dalam Hubungan

Keintiman emosional dianggap sebagai level koneksi terdalam dalam hubungan percintaan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda dan pasangan mencapai keintiman tersebut. Memiliki keamanan emosional dan koneksi yang kuat termasuk di antaranya. Juga, Anda akan lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan dalam hubungan.

Sayangnya, beberapa orang merasa kesulitan membangun keintiman emosional dengan pasangan mereka secara alami. Jika Anda termasuk di dalamnya, cara-cara berikut ini dapat menjadi permulaan yang baik.

1. Cintai diri sendiri terlebih dulu

Untuk membangun keintiman emosional dalam hubungan, salah satu cara terbaik untuk memulainya adalah dengan mencintai diri Anda sendiri terlebih dahulu. Jika Anda masih bergumul dengan kebencian pada diri sendiri atau merasa tidak yakin terhadap diri sendiri, singkirkan semua itu. Memang bicara lebih mudah daripada bertindak, dan bagi sebagian orang mungkin memerlukan waktu lama. Namun, Anda harus tetap berpikir bahwa akan lebih mudah untuk merasa intim secara emosional dengan orang lain saat Anda sudah terhubung secara emosional dengan diri Anda sendiri.

2. Mengidentifikasi kebutuhan emosional satu sama lain

Setiap individu memiliki kebutuhan emosional yang berbeda, tergantung pada perkembangan mental dan psikologis mereka. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki keintiman emosional dengan pasangan, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan emosional satu sama lain.

Kebutuhan emosional diekspresikan dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya meliputi kebutuhan untuk didengar, disentuh, dipertimbangkan, disemangati, diberi kasih sayang, diterima, dimengerti, dan dimaafkan. Anda dan pasangan tentu memiliki prioritas dan kebutuhan yang berbeda. Karena alasan ini, jangan ragu untuk membicarakan hubungan Anda demi menemukan dan mengidentifikasi kebutuhan emosional bersama-sama.

3. Percaya sepenuhnya pada pasangan

Keintiman emosional hanya bisa dicapai ketika dua orang dalam satu hubungan percaya sepenuhnya satu sama lain. Dengan percaya dan setia satu sama lain, baik Anda dan pasangan akan bisa melewati semua masalah yang datang dalam hubungan Anda, terutama pada saat-saat yang buruk dan menantang.

Anda bisa mulai menumbuhkan kepercayaan pada pasangan dengan membuka semua rahasia padanya, dan sebaliknya. Membuka rahasia bisa membuat hubungan Anda terasa lebih intim dan lebih dekat. Begitu Anda jujur terhadap satu sama lain dan tidak menyembunyikan apapun, Anda akan lebih nyaman berbagi perasaan dan pikiran emosional kapan saja.

4. Menghabiskan waktu berkualitas

Anda dan pasangan mungkin memiliki pekerjaan dan aktivitas berbeda, dan hal tersebut sangat bisa diterima. Namun, pada akhirnya yang Anda berdua perlukan untuk menumbuhkan keintiman emosional adalah waktu berkualitas yang dihabiskan penuh makna dengan membahas tentang diri Anda berdua.

Temukan aktivitas yang bisa memperdalam koneksi Anda tanpa melupakan kebutuhan emosional sebagai individu. Waktu kencan di malam hari, saat Anda duduk berdua namun masih mengecek ponsel atau surel atau pesan-pesan tidak akan meningkatkan keintiman emosional. Sebaliknya, coba untuk melakukan aktivitas yang melibatkan Anda dan pasangan, seperti memasak bersama, makan es krim, membersihkan rumah, atau liburan pendek ke pinggiran kota.

5. Percakapan kecil yang sering

Sebagai tambahan dari waktu berkualitas yang rutin, Anda bisa mencapai keintiman emosional melalui percakapan kecil yang sering. Cobalah untuk membuat percakapan-percakapan kecil dengan pasangan, kapan saja dan dimana saja. Bicarakan tentang rencana Anda untuk hari itu saat sarapan, beri komentar pada kejadian-kejadian terkini saat melihat berita bersama, tuangkan opini Anda tentang buku dan film; hal-hal tersebut dapat dimasukkan sebagai percakapan kecil yang bisa Anda lakukan setiap hari.

Banyak ahli percintaan percaya bahwa pasangan yang sering terlibat dalam percakapan kecil memiliki level keintiman emosional yang tinggi. Percakapan kecil yang sering juga bisa membantu Anda lebih dekat satu sama lain, sehingga Anda bisa berbagi pikiran, perasaan, mimpi, dan bahkan ketakutan terdalam.

6. Tunjukkan pujian dan apresiasi

Jika Anda ingin mencapai keintiman emosional dalam sebuah hubungan, Anda sebaiknya tidak terfokus pada kekurangan pasangan. Sebaliknya, coba temukan hal-hal baik yang mereka miliki selagi Anda menerima ketidaksempurnaannya. Bersyukurlah pada semua hal baik yang dimiliki pasangan dengan memberikan pujian dan apresiasi.

Jangan ragu untuk menunjukkan apresiasi setiap saat ketika pasangan menunjukkan kebaikan atau perilaku positif. “Terima kasih” yang sederhana saat pasangan melakukan hal-hal baik untuk Anda sudah cukup. Begitu Anda saling mengapresiasi, akan lebih mudah untuk terhubung lebih dalam secara emosional.

7. Selalu ada untuk pasangan

Selalu ada untuk pasangan akan meningkatkan keintiman dalam hubungan. Cobalah untuk melakukannya di setiap momen, bukan hanya karena pasangan Anda membutuhkannya tetapi juga karena Anda bisa. Pada waktu-waktu senggang, Anda bisa menawarkan diri untuk menemani pasangan kemana saja. Atau Anda juga bisa membuat kehadiran Anda terasa dengan membuatkan makanan favorit mereka atau menemani mereka menonton tayangan favoritnya.

Kehadiran Anda harus ada di setiap kejadian yang dialami pasangan, baik itu saat senang atau susah. Dengan selalu ada untuk orang yang Anda cintai, Anda akan selalu bisa berbagi perasaan satu sama lain; Anda bisa mengekspresikan kebahagiaan ketika mereka bahagia atau menunjukkan simpati saat mereka sedang bersedih.

Ketujuh cara yang disebutkan di atas hanya beberapa dari banyak cara lain yang bisa membantu Anda membangun dan meningkatkan keintiman emosional dalam hubungan. Melihat manfaat keintiman emosional dengan pasangan yang bisa didapat, cara-cara di atas jelas layak untuk dicoba Anda dan pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like