Kepemimpinan Karismatik dan Karakteristiknya

Dr Martin Luther King, Jr menunjukkan pada dunia sebuah gaya kepemimpinan karismatik melalui pidato yang kuat dan dapat membawa perubahan pada dunia. Jika Anda melihat dia,

Anda mungkin menemukan bahwa seorang raja adalah seorang pemimpin karismatik yang dapat menarik dan menginspirasi banyak orang untuk bertindak.

Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang dapat memulai dan mempertahankan perubahan yang signifikan dalam organisasi, cobalah untuk mencari tahu karakteristik apa yang sesuai dengan gaya ini.

Definisi Kepemimpinan Karismatik

Ronald E. Riggio, seorang professor di bidang kepemimpinan dan psikologi organisasi di Claremont McKenna College, menjelaskan dalam artikel Psychology Today yang berjudul “What is Charisma and Charismatic Leadership” bahwa pemimpin karismatik mampu untuk menjadi komunikator yang ulung, yang dapat berkomunikasi dengan para pengikutnya secara emosional dan mendalam.

Dia juga menjelaskan bahwa seorang pemimpin harus mampu menghadapi krisis, menunjukkan pengabdian pada bidang yang ditekuni, dan mampu berinteraksi dengan khalayak umum.

Secara umum, kepemimpinan karismatik berarti kemampuan seorang pemimpin untuk berperilaku, berkomunikasi, memotivasi, dan menginspirasi pengikutnya baik secara mendasar maupun emosional.

Karakteristik

Untuk mengembangkan skill kepemimpinan karismatik membutuhkan proses yang panjang. Memotivasi, membujuk, dan mengilhami sebuah organisasi untuk membuat perubahan yang lebih baik adalah bagian dari proses.

Beberapa karakteristik lain perlu untuk ditonjolkan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Mereka adalah:

1. Mahir Berkomunikasi

Salah satu karakteristik pemimpin karismatik yang perlu dimiliki adalah kemampuan untuk membangun komunikasi langsung antar personal maupun dalam kelompok.

Keterampilan dalam komunikasi sangat penting karena akan memungkinkan Anda untuk memotivasi dan menginspirasi bawahan untuk melakukan yang terbaik dalam pekerjaan mereka.

2. Kasih Sayang

Memiliki kasih sayang adalah karakteristik lain yang perlu dikembangkan. Karisma akan cocok dengan kasih sayang karena kualitas tersebut akan memungkinkan seorang pemimpin untuk menunjukkan integritas, gairah, ketabahan, nilai, dan kejujuran.

3. Rendah Hati

Bawahan atau audiens sangatlah penting untuk dihargai karena mereka akan menunjukkan kesetiaan mereka jika Anda memperhatikan dan mendengarkan keprihatinan mereka.

Oleh karena itu, seorang pemimpin karismatik harus memiliki rasa kerendahan hati. Seorang pemimpin sejati juga harus mampu menunjukkan dan meyakinkan bawahan tentang nilai yang mereka miliki sehingga dapat membawa dampak yang baik untuk pengembangan organisasi atau perusahaan.

4. Kedewasaan

Kedewasaan adalah kualitas lain yang harus dimiliki oleh pemimpin karismatik. Kepemimpinan yang kuat akan menunjukkan kedewasaan yang tergambar pada pengetahuan dan kebijaksanaan yang mereka miliki.

Kedewasaan akan perlahan muncul seiring dengan bertambahnya pengalaman Anda. Hasilnya, Anda akan dapat berperilaku dengan cara yang bertanggung jawab dan matang ketika harus membuat keputusan yang sulit.

5. Kepercayaan Diri

Menjadi percaya diri adalah kualitas lain yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin karismatik. Dia akan bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang.

Dengan menjadi percaya diri, ia akan tetap seperti dia dan merasa nyaman dan aman.

Kepercayaan diri akan membawa seorang pemimpin untuk memahami dirinya untuk melakukannya dengan baik dan tidak akan pernah berubah menjadi orang lain.

6. Pendengar yang Baik

Senang mendengarkan keprihatinan karyawan dan berempati adalah penting untuk membuat perubahan dalam sebuah organisasi.

Oleh karena itu, seorang pemimpin karismatik harus menjadi pendengar yang baik. Dia harus memperhatikan dan terlibat dalam percakapan.

7. Bahasa Tubuh yang Positif

Bayangkan jika Anda bertemu dengan seorang pemimpin yang hangat, terbuka, dan karismatik dengan bahasa tubuh yang positif. Ini akan membawa dan membangun kenyamanan di lingkungan kerja.

Seorang pemimpin harus memiliki bahasa tubuh yang positif melalui kontak mata, senyum hangat, dan sukacita sejati. Karyawan akan merasa nyaman dan melakukan yang terbaik di kantor.

Kelebihan dan Kekurangan

Memiliki gaya kepemimpinan karismatik memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Seorang pemimpin karismatik akan melakukan perubahan kepada masyarakat. Namun, beberapa organisasi yang memiliki proses, struktur dan fungsi yang kaku tidak akan sesuai dengan gaya ini.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari gaya kepemimpinan ini.

Kelebihan

  • Menginspirasi dan memotivasi orang untuk bekerjasama untuk alasan umum
  • Berkomitmen untuk misi utama
  • Cenderung kohesif karena tujuan yang jelas
  • Lebih memrioritaskan pembelajaran dari kesalahan untuk berhasil dalam misi

Kekurangan

  • Dapat mengarah pada arogansi
  • Terlalu bergantung pada pemimpin yang karismatik
  • Menjadi tidak responsif terhadap karyawan atau bawahan
  • Cenderung melakukan pelanggaran etika dan keuangan

Manfaat Kepemimpinan Karismatik

Haruskah sebuah organisasi atau perusahaan menerapkan gaya kepemimpinan karismatik?

Sebelum mengambil keputusan, perlu diingat bahwa seorang pemimpin karismatik akan berjuang untuk kondisi dan kualitas hidup yang lebih baik.

Dia memiliki keberanian dan akan senang untuk membela orang atau organisasi lain yang memiliki pandangan yang berbeda dalam masyarakat. Juga, seorang pemimpin akan memecahkan kesenjangan yang dibuat antara pekerja dan organisasi, menciptakan visi, mendorong karyawan untuk kembali mendukung dan berkontribusi pada tujuan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like