Menerima Penuaan dengan Pikiran yang Positif

menua dengan pikiran positif

Ada banyak sekali manfaat yang didapat dengan berpikir positif, termasuk mengurangi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi resiko penyakit jantung. Tetapi tahukah Anda bahwa menjaga pandangan selalu positif dapat membantu Anda hidup lebih lama? Berikut ini ada beberapa penelitian tentang optimisme dan penuaan, dan apa yang didapat jika Anda melakukannya.

Dapat Memperpanjang Umur

Beberapa studi menunjukkan bahwa cara Anda memandang penuaan dan juga hidup Anda secara keseluruhan dapat memperpanjang umur Anda. Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa berpikir positif dapat menambah 11-15% masa hidup Anda dan kemungkinan besar Anda dapat hidup hingga usia 85 tahun atau lebih. Efek ini akan tetap berlaku setelah faktor-faktor lain seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, depresi, dan status kesehatan dikendalikan.

Meningkatkan Kebahagiaan

Terdapat beberapa temuan yang mengatakan bahwa pikiran positif tentang penuaan dapat meningkatkan kemauan seseorang untuk hidup, membuat mereka lebih tahan terhadap penyakit dan lebih peduli tentang kesehatan. Mereka yang berpandangan positif juga cenderung lebih sedikit mengalami stres, yang juga mengurangi kemungkinan adanya penyakit atau gangguan kronis yang lain.

Memperluas Wawasan Seiring dengan Bertambahnya Usia Anda

Masyarakat kita cenderung lebih menghargai anak muda dan kecantikan, sementara pesan-pesan tentang penuaan cenderung menekankan pada aspek negatif. Tetapi, seperti anggur berkualitas, orang seharusnya menjadi lebih bijaksana seiring bertambahnya usia. Pengalaman, yang dikombinasikan dengan kedewasaan, memberikan orang-orang tua wawasan yang lebih luas. Mereka lebih sering memperdalam ilmu spiritual dan mereka juga lebih memprioritaskan kualitas hidup mereka. Dengan mengikuti gaya hidup sehat dan sederhana, Anda dapat menjaga kesehatan dan energi Anda dalam menjalani hidup.

Faktor-faktor Lain agar dapat Menua Dengan Sehat

Selain berpikir positif, ada beberapa faktor yang memengaruhi gaya hidup yang dapat memperpanjang umur Anda, seperti berolahraga secara teratur, menjaga berat badan, makan makanan yang bergizi, hanya mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang (jika ada), dan tidak merokok, semua itu adalah hal yang dapat membantu memperpanjang masa hidup Anda selama 12-14 tahun.

Sementara itu, terdapat beberapa studi yang hanya berfokus pada hidup yang lebih lama, mereka jarang membahas tentang peningkatan kualitas hidup yang menyertainya. Tetapi, para psikolog masih mendalami topik ini, di luar peningkatan masa hidup, pikiran dan emosi yang positif dapat memberikan kontribusi yang cukup besar pada kebahagiaan sehingga Anda dapat menikmati kehidupan yang lebih indah dan lebih menyenangkan.

Cara untuk Terus Berpikir Positif

Meditasi, yoga, atau ritual perawatan diri yang lain, tetap berpikir positif adalah sebuah latihan. Untungnya, cara-cara yang dapat dilakukan itu gratis dan bisa dilakukan sendiri sesuai keinginan Anda. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan pikiran positif dalam kehidupan sehari-hari Anda:

  • Ulangi afirmasi positif: Jika Anda mengatakan sesuatu berulang-ulang, Anda akan cenderung untuk mempercayainya. Itulah ide yang mendasari afirmasi positif, sebuah pernyataan dengan niat dan diulang berkali-kali untuk menjadikannya bagian dari pemikiran Anda, seperti “Saya merasa lebih damai setiap hari” atau “Saya bisa menangani apa pun yang saya hadapi.” Tetap lakukan hal ini setiap hari. Karena mungkin alam bawah sadar Anda akan membuat pernyataan-pernyataan yang berlawanan dengan afirmasi, sehingga dapat membuat Anda kembali ke kondisi pikiran negatif.
  • Berlatih meditasi cinta kasih: Studi menunjukkan bahwa meditasi cinta kasih dapat secara signifikan meningkatkan sikap positif. Meskipun ada variasi dalam praktiknya, tetapi tema meditasi ini berfokus pada frasa positif yang membangkitkan belas kasih diri serta empati untuk orang lain, dengan menggunakan pernyataan seperti, “Semoga saya bahagia” dan “Semoga Anda aman.”
  • Habiskan waktu dengan para pemikir positif lainnya: Pepatah mengatakan, “Anda adalah cerminan sekeliling Anda.” Jadi, hal yang masuk akal apabila Anda bergaul dengan orang-orang optimis lainnya, Anda cenderung akan memajukan pikiran, lebih bahagia, dan merasa didukung. Perhatikan emosi Anda ketika Anda berada di sekitar teman dan keluarga. Anda mungkin perlu memberi batasan dengan mereka yang membuat energi positif Anda menurun.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kutipan psikologi terbaik
Read More

3 Kutipan Psikologi Terbaik

Kutipan yang menginspirasi dapat memberikan wawasan dan perspektif baru tentang masalah yang dihadapi setiap orang pada satu waktu…
membuat daftar keinginan
Read More

Manfaat Dari Daftar Keinginan

Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk hal yang Anda nikmati dalam hidup – melakukan hal yang Anda sukai…