5 Langkah untuk Merelakan Cinta Anda dan Menyembuhkan Patah Hati Anda

merelakan cinta

Banyak orang menyambut perasaan jatuh cinta, tetapi mereka tidak selalu tahu bagaimana merelakan cinta. Ketidakmampuan untuk melepaskan orang yang Anda cintai sulit karena ia  mencegah Anda untuk menemukan pilihan yang lebih baik. Bagaimana jika Anda jatuh cinta dengan orang yang kasar, atau seseorang yang tidak menghargai Anda?

Jatuh cinta bisa menyakitkan dan Anda mungkin menghadapi kesulitan psikologis dalam melepaskannya. Namun, dengan mengambil langkah perlahan namun pasti, Anda akan mampu melepaskan emosi yang membebani. Setelah Anda berhasil melepaskannya, Anda bebas untuk mengeksplorasi opsi yang lain, atau mungkin cukup menyembuhkan diri dan rileks.

Berikut adalah lima langkah yang dapat dilakukan jika Anda ingin melepas cinta Anda.

1. Cari dukungan sosial

Mengambil langkah pertama untuk “merelakannya” dapat membuat Anda merasa rentan. Pada titik ini, mendapatkan dukungan dari orang sekitar adalah hal yang penting. Dukungan bisa berasala dari anggota keluarga atau teman yang Anda percaya. Jujurlah dengan mereka dan katakan bahwa Anda memerlukan dukungan, dorongan, dan kekuatan untuk melalui kesulitan ini.

Beberapa orang mungkin takut untuk melalui rintangan psikis ketika menyampaikan berita buruk tersebut. Namun, setelah Anda melewati langkah ini, orang terdekat Anda pasti bersedia membantu. Mereka juga mungkin tahu cara terbaik untuk membantu karena mereka memiliki “perspektif luar” yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan.

2. Hapus semua yang mengingatkan Anda dengannya

Menghapus semua kenangan berupa benda yang berkaitan dengan hubungan atau cinta Anda dapat membantu Anda sembuh lebih cepat. Benda tersebut bisa berupa barang miliknya, surat cinta, foto, atau koneksi media sosial. Jika Anda masih memerlukan kontak mereka untuk tujuan formal (seperti pekerjaan), simpan alamat email kerja dan nomor telepon utama.

Jika dirasa prosesnya masih terlalu sulit, mintalah bantuan kepada teman atau anggota keluarga. Minta mereka untuk membuang barang milik mantan kekasih Anda. Ajak mereka ketika Anda menghapus foto dan menghapus koneksi media sosial. Ini sebagai simbol bahwa Anda telah merelakan cinta Anda.

3. Minta bantuan profesional

Jika Anda mencoba untuk jatuh cinta setelah hubungan yang tidak sehat, pertimbangkan untuk mengunjungi seorang profesional. Ada beberapa kasus yang mana memutus perasaan Anda terhadapnya membutuhkan bantuan profesional. Contohnya seperti:

  • Hubungan yang abusive

Hubungan yang abusive (kasar) adalah berbahaya. Tetapi beberapa orang dengan logika cinta yang terbalik merasa sulit untuk meninggalkan si pelaku. Anda harus mengubah pola pikir Anda untuk meninggalkan pasangan yang kasar. Profesional seperti psikiater atau psikolog akan sangat membantu Anda melihat kenyataan dengan lebih baik.

  • Perpisahan akibat kematian

Kematian tidak dapat dihindari, tetapi itu bisa terjadi ketika Anda belum siap. Kehilangan dapat menyebabkan masalah psikologis jika Anda tidak dapat menanganinya dengan baik, terutama jika orang yang sudah meninggal adalah seseorang yang sangat Anda cintai. Para profesional akan membantu Anda melalui masa sulit, yang mana amat penting jika Anda berencana untuk memiliki hubungan baru di masa depan.

  • Masalah psikologis yang masih ada

Jika Anda memiliki masalah psikologis yang masih tersisa, seperti depresi atau gangguan bipolar, seperti ditinggalkan/dikasari oleh orang yang dicintai, hal itu bisa menjadi lebih buruk. Profesional tahu strategi terbaik untuk mencegah Anda jatuh lebih dalam ke gejala Anda.

Profesional menjaga informasi pribadi Anda dan menawarkan pandangan yang tidak menghakimi, jadi jangan malu meminta bantuan mereka.

4. Fokus pada “masa kini”

Adalah mudah untuk tenggelam dalam nostalgia atau khayalan tentang kemungkinan-kemungkinan yang muluk. Namun, hal tersebut akan mencegah Anda untuk merelakan cinta Anda. Menjaga perspektif Anda dalam “masa kini” adalah penting untuk menghapus beban cinta sepenuhnya. Ada beberapa cara untuk melakukannya, misalnya:

  • Ikuti latihan meditasi atau kelas yoga

Latihan yoga dan meditasi mengajarkan Anda untuk memusatkan pikiran dan melepaskan tekanan. Menghubungkan napas dan otot dengan pikiran Anda juga dapat membantu untuk mengingatkan Anda untuk berada di “masa kini”.

  • Luangkan waktu untuk berjalan kaki

Laju irama berjalan dapat membantu “menghubungkan” pikiran Anda dengan gerakan tubuh, menciptakan rasa kehadiran nyata. Berjalan di rute yang indah atau tempat santai (seperti di taman atau jalanan di sekitar rumah) juga dapat membawa pikiran Anda ke dunia nyata.

  • Menulis surat selamat tinggal untuk mantan kekasih/cinta yang tak berbalas

Buat perpisahan simbolis dengan menulis surat untuk mantan kekasih atau cinta Anda yang tak berbalas. Jelaskan hal yang membuat Anda mencintai dia, bersama dengan semua rasa sakit yang Anda alami. Bersikaplah jujur tentang apa yang sebenarnya Anda rasakan sebelum mengakhiri surat dengan ucapan selamat tinggal. Sobek atau bakar surat perpisahan itu sebagai simbol perpisahan secara fisik.

Dengan berfokus pada “masa kini”, Anda bisa merasa cukup percaya diri untuk meninggalkan “cinta lama” Anda. Anda bebas untuk melanjutkan hidup Anda, menemui orang baru, atau cukup melakukan penyembuhan.

5. Rawat diri Anda

Akhirnya, setelah melalui semua cobaan berat itu, Anda berhak untuk bersantai dan memanjakan diri sendiri. Mulailah dengan melakukan hal yang Anda sukai, seperti membaca novel favorit, memasak, berkebun, atau membuat kerajinan. Luangkan waktu untuk bersantai, seperti pergi ke spa atau berbelanja. Cobalah sesuatu yang Anda selalu ingin lakukan, seperti bepergian, memiliki hewan peliharaan, atau sesuatu yang sederhana seperti mencoba restoran baru.

Jatuh cinta mungkin indah, tetapi ada kalanya meninggalkannya adalah pilihan terbaik, terutama jika itu merusak Anda. Mengetahui bagaimana merelakan cinta itu penting untuk membantu Anda sembuh dan siap menghadapi masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like