Perombakan Kognitif untuk Menghilangkan Stres

perombakan kognitif

Ada banyak bukti-bukti kuat yang menunjukkan bahwa bagaimana cara kita berpikir tentang apa yang akan terjadi dalam hidup kita dapat memberi dampak besar, tak peduli apakah kejadian dalam hidup kita menyenangkan atau tidak. Distorsi kognitif, atau pola pikir yang salah, dapat berimbas pada pikiran, perilaku, dan rasa stres kita.

Self-talk, dialog internal yang terjadi dalam pikiran kita yang mengartikan, menjelaskan dan menilai situasi-situasi yang kita hadapi, sebenarnya bisa membuat sesuatu terlihat lebih buruk atau lebih baik, apakah sesuatu tersebut berbahaya atau tidak, apakah sesuatu itu membuat kita stres, atau… Anda pasti tahu sendiri. Beberapa orang cenderung melihat hal positif dalam sebuah kejadian, sementara lainnya cenderung sebaliknya, membawa diri mereka sendiri dalam kerugian. Namun, karena self-talk kita sebenarnya telah dimulai di masa kecil, bagaimana kita bisa mengubah kebiasaan pola pikir ini?

Perombakan kognitif, adalah sebuah proses mengenali, menantang, dan mengubah distorsi kognitif dan pola pikir negatif yang bisa dicapai dengan bantuan terapis yang ahli dalam terapi kognitif atau perilaku kognitif. Walaupun demikian, dalam banyak kasus, perombakan kognitif bisa dilakukan sendiri di rumah dengan informasi yang tepat dan komitmen yang kuat untuk berubah. Berikut beberapa tips umum tentang bagaiamana mengubah self-talk yang negatif. Teruslah membaca untuk mendapatkan tips yang lebih spesifik.

Sadari Kekuatan Anda

Saat kita merasa tak punya pilihan saat menghadapi sesuatu, pikiran itu bisa meningkatkan rasa stres dan bahkan menyebabkan kita kolaps. Perkataan seperti, “Saya tidak bisa berolahraga karena harus menjadi relawan di sekolah anak lagi,” mengabaikan fakta bahwa sebenarnya kedua aktivitas tersebut adalah pilihan. Hanya karena pilihan yang satu tidak dipilih, bukan berarti itu bukanlah pilihan, misalnya. Mengubah kalimat “harus” dan “tidak bisa” yang Anda ucapkan menjadii “memilih” dan “tidak memilih” (atau beberapa perkiraan yang terdengar lebih halus) akan mengingatkan Anda bahwa Anda punya pilihan dalam setiap situasi, dan juga membuat Anda tidak terlalu stres. “Saya hendak berolahraga, namun saya lebih memilih untuk menjadi relawan di sekolah anak-anak,” terasa lebih melegakan dan terdengar lebih menyenangkan bukan? Anda akan segera terbiasa dalam mengubah distorsi kognitif Anda, dan paham bagaimana berpikir lebih positif serta meredakan stres.

Hilangkan Kata “Seharusnya”

Lebih mudah untuk mengatasi tantangan saat Anda merasa ingin mengatasinya dan bukannya Anda seharusnya mengatasinya. Dalam hal ini, kata “seharusnya” menandakan rasa stres, membuat kebanyakan dari kita merasa bahwa ada cara yang baik dan cara yang salah dalam melakukan sesuatu, dan membuat kira merasa bahwa kita harus mengerjakan sesuatu dengan cara-cara tertentu ketika mungkin ada cara lain yang sebenarnya lebih baik untuk kita. Saat kita merasa tertekan dengan kalimat “seharusnya,” kita mungkin ingin mengingatkan diri sendiri bahwa saat kita merasa kita “seharusnya” melakukan sesuatu, kita tidak sepenuhnya benar. Mulailah mempertanyakan kata “seharusnya” yang kerap Anda ucapkan dan yakinlah bahwa apapun yang Anda lakukan, itu karena Anda ingin melakukannya dan merasa bahwa itu adalah jalan terbaik yang Anda pilih. Hal ini juga benar bagi orang lain.

Tetap Fokus Pada Hal-hal Positif

Sejalan dengan hal tersebut, banyak orang merasa bahwa menuliskan rasa syukur mereka pada sebuah jurnal – catatan harian tentang hal-hal yang mereka syukuri- sangat membantu karena tidak hanya mengingatkan mereka akan banyaknya berkat dalam kehidupan, namun juga melatih pikiran untuk memperhatikan berkat-berkat tersebut sepanjang hari, dan hal ini memengaruhi seluruh pengalaman mereka saat merasa stres.

Hadirlah di Masa Kini dan Sekarang

Cobalah untuk tetap berada di masa sekarang, di masalah yang dihadapi, dan menemukan solusi yang tepat. Hal ini secara efektif membantu Anda untuk mengatasi berbagai pemicu stres tanpa merasa kewalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like