Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pola Pikir Kekurangan

Pernahkah Anda merasa sedikit cemburu ketika kolega Anda dipromosikan? Atau apakah Anda merasa tidak aman dengan status keuangan Anda? Sudah waktunya untuk menyadari perasaan seperti itu karena seringkali hal tersebut mengindikasikan adanya Pola Pikir Kekurangan (scarcity mindset), yang tidak baik untuk kesehatan mental Anda.

Apa itu Pola Pikir Kekurangan (Scarcity Mindset)?

Scarcity Mindset, juga dikenal sebagai mentalitas kelangkaan (kekurangan), mengacu pada keyakinan bahwa sesuatu yang tidak akan pernah cukup. Hal yang dipertanyakan bisa apa saja: uang, waktu, makanan, kesempatan, perasaan, emosi, hubungan, kesehatan, kekuasaan, dll. Beberapa orang dengan pola pikir ini berpikir bahwa mereka selalu miskin atau tidak pernah punya cukup uang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sementara itu, beberapa orang lain merasa cemas karena mereka percaya bahwa tidak ada kesempatan yang tersisa untuk mereka.

Pola pikir itu lebih lanjut berubah menjadi perasaan cemburu, tidak aman, dan menyerah. Ketika mendengar berita tentang kisah sukses orang lain dalam aspek apapun, mereka yang memiliki pola pikir kelangkaan akan merasa khawatir dan tidak aman. Mereka juga memegang keyakinan bahwa karena orang lain sukses, kesempatan bagi mereka untuk mencapai prestasi yang sama akan mengecil, atau lebih buruk lagi, menghilang.

Ciri-ciri Pola Pikir Kekurangan

Seperti disebutkan sebelumnya, gagasan tentang pola pikir kekurangan biasanya meliputi ketidakamanan diri. Selain itu, di bawah ini adalah beberapa tanda utama lain yang dapat menunjukkan ketika seseorang memiliki pola pikir ini.

1. Merasa Iri atau Cemburu pada Orang Lain

Salah satu tanda yang paling umum yang menunjukkan pola pikir kekurangan adalah iri atau cemburu. Anda merasa tidak bahagia dengan apa yang orang lain miliki dan pada saat yang sama, berharap bahwa Anda juga memiliki keberhasilan atau prestasi yang sama. Perasaan ini juga akan membuat Anda untuk menjadi kurang bersyukur atas apa yang telah Anda miliki.

2. Selalu Membandingkan Segalanya dengan Orang Lain

Selain menjadi cemburu atau iri hati, pola pikir ini akan menuntun Anda untuk membandingkan apa yang Anda miliki dengan apa yang orang lain miliki. Ini terjadi terus menerus hingga Anda memiliki perasaan tidak lengkap ketika Anda belum membandingkan nilai Anda dengan orang lain di sekitar Anda. Harga diri dan nilai diri Anda juga akan tergantung pada perbandingan tersebut.

3. Sulit Berbagi

Orang dengan pola pikir ini cenderung sulit berbagi. Bahkan, jika Anda berlama-lama dalam pola pikir ini, Anda akan menemukan kesulitan untuk berbagi apa pun dengan orang lain, apakah itu uang, waktu, atau hal lainnya.

4. Secara Tidak Sadar Bahagia Ketika Orang Lain Gagal

Jika Anda memiliki pola pikir kekurangan, bisa jadi Anda bersikap demikian ketika melihat orang lain gagal, bahkan tanpa Anda sadari.

Ketika orang lain berhasil, Anda merasa tidak aman karena keyakinan bahwa mereka mungkin mencuri apa yang harus menjadi milik Anda.

Sebaliknya, ketika orang lain gagal, Anda berasumsi bahwa kesempatan untuk menjadi lebih sukses daripada mereka telah meningkat.

5. Menunjukkan Pola Pikir Kekurangan dalam Perkataan atau Pemikiran

Selain tanda lain yang disebutkan di atas, indikasi yang paling jelas dari sebuah pola pikir kekurangan sebenarnya diungkapkan secara nyata melalui perkataan dan pemikiran. Beberapa ungkapan seperti “saya tidak bisa melakukan ini,” “saya tidak punya cukup uang,” atau “saya tidak pintar/baik/cukup memenuhi syarat,” adalah contoh nyata adanya pola pikir ini.

Pikiran negatif ini dianggap sebagai manifestasi dari perasaan tidak aman yang terbentuk dari dalam.

Efek Negatif

Melihat tanda dan indikasinya, scarcity mindset amatlah buruk bagi keadaan mental dan pribadi Anda. Hal ini dapat membentuk cara berpikir Anda serta mempengaruhi sikap dan perilaku Anda ketika berinteraksi dengan orang lain.

Anda akan selalu merasa bahwa sumber daya yang berlimpah di dunia terbatas. Hal ini dapat menyebabkan persaingan negatif yang sebenarnya tidak diperlukan.

Anda akan mengalami waktu yang sulit untuk berbagi, bekerja, atau membuat hubungan dengan orang lain.

Anda menunjukkan kinerja yang buruk ketika bekerja dalam tim karena Anda berpikir bahwa keberhasilan harus dicapai oleh individu, bukan oleh kelompok.

Dalam skenario kasus terburuk, pola pikir kekurangan mencegah Anda menjadi sukses karena Anda selalu didorong oleh rasa takut dan tidak aman,

Anda akan merasa bahwa tidak ada cukup waktu atau sumber daya yang dapat mendukung Anda.

Efek negative dari pola pikir ini juga akan membatasi kesempatan Anda untuk meraih sejumlah pencapaian.

Bagaimana Cara Menghadapi Pola Pikir Kekurangan

Setiap pola pikir sangat mungkin untuk berubah, demikian pula dengan pola pikir kekurangan.

Pada akhir 1980-an, Stephen Covey memperkenalkan istilah ‘abundance mentality’ (mentalitas kelimpahan) dalam buku best-seller-nya berjudul The Seven Habits of Highly Effective People. Pola pikir ini berfungsi sebagai kebalikan positif dari pola pikir kekurangan.

Abundance mentality diyakini menjadi cara yang efektif yang dapat membantu Anda mengatasi rasa kekurangan. Secara umum, konsep ini dapat membentuk pola pikir positif baru dengan menerapkan prinsip berikut:

  • Selalu bahagia dan bersyukur atas apa pun yang Anda miliki.
  • Jadilah penasaran, namun tetap menghargai, dengan pengalaman orang lain yang telah mencapai goal
  • Fokus pada sumber daya dan kemungkinan tak terbatas yang belum dieksplorasi.
  • Memupuk gairah Anda untuk melakukan hal yang memotivasi Anda.
  • Ambil tindakan kecil untuk mencapai tujuan besar Anda.
  • Gunakan afirmasi positif ketika Anda memecahkan masalah.
  • Luangkan waktu untuk mempertimbangkan pemikiran Anda sehingga Anda dapat mencegah rasa kekurangan yang mulai berkembang.

Demikian informasi dasar yang perlu Anda ketahui tentang pola pikir kekurangan. Semoga dengan memahami gagasan cara berpikir ini dapat membantu Anda menghindari efek berbahaya dan memotivasi Anda untuk mengubah pola pikir negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like