7 Tips Mujarab Mengatasi Stres Bagi Orang Sibuk

tips mengatasi stres bagi orang sibuk

Belakangan ini, sibuk bekerja seolah telah menjadi sebuah aturan bagi banyak orang alih-alih pengecualian. Jika Anda merasa sangat sibuk dan stres serta tidak punya banyak waktu untuk rileks dan bersantai, bisa-bisa Anda berujung menjadi sangat kelelahan dan merasa lesu, atau merasa kewalahan dan terjangkit stres kronis.

Bersantai dan melepaskan stres jelas sangat penting dilakukan, khususnya bagi orang-orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Namun, kebanyakan orang sibuk seperti kita terkadang merasa tidak mampu melakukan rutinitas baru. Kita cenderung merasa sayang dengan waktu yang akan dihabiskan untuk mempelajari hal baru tersebut. Lagipula, akan ada investasi energi yang cukup besar dalam menjalani rutinitas baru. Mengingat pentingnya memiliki rutinitas untuk mengelola stres Anda, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda sendiri dan tingkat stres Anda adalah menemukan rutinitas-rutinitas sederhana dan cepat untuk dipraktikkan sehari-hari, dan lakukanlah hal tersebut terus-menerus sampai menjadi bagian rutin dalam hidup Anda. Cara-cara berikut mengajarkan kita bagaimana merasa lebih bersemangat, menghilangkan stres, dan menemukan waktu luang di sela-sela kesibukan – harus diikuti oleh setiap orang sibuk dimanapun!

Temukan Cara Menghilangkan stres Secara Instan

Jika Anda merasa kewalahan dengan stres yang dialami sehari-hari, bisa jadi jadwal pekerjaan yang sangat sibuk telah menghalangi Anda untuk bisa bersantai, apapun cara bersantainya. Namun tak perlu khawatir, ada banyak cara instan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran Anda tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu. Teknik menghilangkan stres seperti latihan bernapas dapat membantu tubuh Anda mematikan reaksi stres yang terjadi sehingga Anda bisa mencegah stres parah yang berkelanjutan dan kembali ke rutinitas kesibukan dengan lebih bugar.

Batasi Konsumsi Kafein

Jika Anda termasuk orang-orang yang bergegas minum segelas kopi atau sekaleng kola saat membutuhkan sedikit tambahan energi, bisa jadi Anda telah membuat tubuh Anda lebih lelah dalam jangka panjang! Hal ini sebagian disebabkan karena kafein dapat memperburuk respon stres tubuh Anda dan menghambat Anda tidur nyenyak di malam hari, serta menciptakan siklus kurang tidur yang parah. Pelajari lebih lanjut tentang efek kafein dan manfaatnya jika Anda membatasi konsumsinya, dan carilah cara lain untuk menjadi lebih berenergi tanpa minum terlalu banyak kafein.

Tidur Cukup

Saat jadwal Anda sangat sibuk, seringkali tidur adalah hal pertama yang harus dikurangi, baik secara sengaja maupun otomatis. Hal ini sangat disayangkan karena kurang tidur dapat menyebabkan Anda merasa lesu dan kurang konsentrasi sehingga Anda justru membuang waktu lebih lama untuk melakukan aktivitas apapun. Pelajari mengapa mengatur pola tidur Anda sangatlah penting, dan bagaimana mendapatkan tidur berkualitas yang Anda butuhkan.

Sempatkan Berolahraga Ringan

Jika Anda merasa lesu dan letih, berolahraga ringan ternyata dapat membuat Anda lebih berenergi, bukan sebaliknya. Meski banyak orang sibuk sulit menemukan celah waktu untuk berolahraga, sebenarnya ada banyak trik yang bisa membantu Anda untuk bisa berolahraga tanpa harus pergi ke pusat kebugaran, contohnya membagi beberapa gerakan ringan dan melakukannya berselang-seling sepanjang hari, saat Anda mungkin punya waktu luang lebih banyak. Baca lebih lanjut untuk mendapatkan ide-ide lain tentang menyempatkan olahraga di sela kesibukan.

Kembangkan Sikap “Saya Pasti Bisa”

Saat mengalami stres, sebenarnya kondisi Anda bergantung pada sikap Anda dan apa yang Anda ucapkan ke diri Anda sendiri. Contohnya, dengan belajar bagaimana memandang stres sebagai sebuah ‘tantangan’ ketimbang ancaman, dapat membuat Anda merasa lebih bersemangat. Baca lebih lanjut tentang bagaimana mengembangan sikap positif yang bisa mengusir stres selama waktu-waktu sibuk.

Bangun Kebiasaan Penghilang stres dengan Cepat Sebagai Gaya Hidup

Jika Anda tak punya waktu untuk belajar metode baru tentang cara mengelola stres, hal-hal berikut bisa memberikan dampak maksimal meski hanya butuh dilakukan dalam waktu singkat. Minum vitamin sambil mendengarkan musik dengan santai, misalnya, ternyata mujarab untuk menghilangkan stres secara ajaib dan memberikan manfaat yang menakjubkan bahkan jika Anda memiliki gaya hidup yang sangat sibuk sekalipun.

Belajar Katakan Tidak

Orang punya alasan kesibukan yang berbeda-beda, tapi banyak orang kerap merasa sibuk apapun kondisinya karena mereka sulit menolak permintaan orang lain yang menuntut waktu mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like